Mohon tunggu...
muhammad aydinazmi
muhammad aydinazmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

nama saya muhammad aydin azmi bisa di panggil azmi umur saya 19 tahun berkuliah di suatu kampus daerah jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menganalisa Iklan dalam Produk Pocari Sweat

19 Juli 2022   12:57 Diperbarui: 19 Juli 2022   13:06 23841
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pocari Sweat ( Pokari Suetto) merupakan salah satu minuman ringan dan minuman olahraga terpopuler di Jepang, diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Minuman ini pertama kali dijual pada tahun 1980. Di luar Jepang juga dijual pada daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Pocari Sweat mempunyai rasa ringan, relatif ringan, minuman manis berkarbonasi dan diiklankan sebagai "minuman pengganti ion dalam tubuh". Memiliki rasa jeruk ringan dengan sedikit sensasi. Bahan komposisinya adalah air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan rasa. Serta dijual dalam bentuk cairan, dapat dalam bentuk aluminium dan botol plastik namun ada juga yang dalam bentuk serbuk. (http://id.wikipedia.org/wiki/Pocari_Sweat )

POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

Dalam tugas ini, saya akan melakukan analisis yang di lakukan copywriting merek iklan untuk memasarkan produk atau layanannya dimana iklan juga digunakan oleh produk minuman ber isotonik yaitu pocari sweat sebagai upaya untuk memperkenalkan danmemberi informasi kelebihan yang ada di brand minuman pocari sweat kepada masyarakat. Dalam memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat, perlu terus menerus memberikan iklan secara ;uas atau juga di keal sebagai istilah advertising campaign. Kampanya periklanan pada hakikatnya adalah suatu Tindakan komunikasi yang di rencanakan (planned communication) dan di arahkan pada tujuan tertentu (goal oriented) secara sistematis dan strategis.

  • Pendekatan Pesan Iklan
  • Iklan Pocari Sweat memberikan suatu standarisasi tersendiri, berupa pemikiran bahwa tubuh selalu kehilangan cairan yang tidak dapat digantikan oleh air biasa. Dibutuhkan cairan isotonik khusus yang dapat menggantikan cairan tersebut, sehingga kita dapat tetap melakukan segala aktivitas dengan lancar. Kesuksesan Pocari Sweat juga telah mengakibatkan timbulnya standarisasi bagi minuman isotonik lain seperti Mizone, Vitazone, Powerade Isotonik, Optima Sweat dst. Semua minuman tersebut menawarkan minuman yang mengandung cairan serupa dengan cairan tubuh sehingga dapat membangkitkan tenaga atau semangat dalam beraktifitas. Hal ini menunjukkan terjadinya homogenitas seperti disebutkan Storey (2009:62) bahwa industri budaya ditandai oleh 2 hal yakni homogenitas dan prediktabilitas.

  • Iklan Pocari Sweat juga terstandarisasi dalam hal isi iklan tersebut. pocari memiliki target pasar yakni anak-anak muda, olahragawan yang panda intinya minuman ini tidak hanya ditujukan bagi orang sakit. Sebab sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa minuman isotonik hanya dibutuhkan oleh mereka yang sedang sakit. Oleh sebab itu iklan-iklan Pocari selalu menampilkan anak-anak muda yang sehat dan aktif. Pocari juga mengusung JKT 48 sebagai icon prodak mereka. Sebab JKT 48 kemungkinan besar dirasa cukup mampu merepresentasikan anak muda yang aktif dan sehat. Mereka ditampilkan sebagai sosok anak muda yang catik penuh semangat serta aktif. Icon-icon lain juga merepresentasikan hal yang serupa. Pesan yang disampaikanpun jelas yakni minuman tersebut ditujukan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setelah beraktifitas.
  • Dalam iklan pocari sweat terdiri dari beberapa pendekatan iklan diantaranya,
  • 1. Pendekatan emosional iklan pocari sweet    memiliki pendekatan emosional dengan customernya karna mengklaim produknya dapat menjaga cairan tubuh sebagai salah satu aspek terpenting yang harus dipenuhi manusia
  • 2. Pendekatan Rasional, iklan menjelaskan sebab akibat pada kalimat "saat tubuh kehilangan ion lebih banyak tubuh akan kekurangan cairan dan air " penjelasan rasional tersebut membuat iklan dapat diterima oleh masyarakat
  • 3. Pendekatan positioning, positioning adalah menempatkan diri sebagai konsumen. Iklan pocari sweet memberikan sugesti bahwa produknya sebagai kebutuhan sehari-hari masyarakat
  • 4. Pendekatan Brand Image, Brand Image adalah ciri khas yang menggambarkan pocari pocari sweet selalu konsisten dengan warna khasnya yaitu biru serta produk bentuk botol berukuran sedang
  • 5. Pendekatan Preemptive, melakukan pendekatan dengan cara memberikan kelebihan produk. Dalam iklannya pocari sweet mengklaim produknya dapat menjaga cairan tubuh
  • 6. Pendekatan Ressonance, dengan memposisikan produknya seolah- olah dekat dengan konsumen. Pada iklan pocari sweet pengambilan gambar dibuat sederhana.

  • Strategi Kreatif
  • Strategi periklanan yang mereka buat dengan pemilihan talent yang ditampilkan sebagai salah satu selebriti asal Korea Selatan. Hal ini menjadikan iklan pocari sweat sebagai iklan main stream. Hal ini tentunya tidak sembarangan dilakukan tanpa strategi dan pemikiran yang matang. Konsep ini didasarkan sedang maraknya para remaja yang menyukai penyanyi pria dan wanita asal Korea Selatan tersebut, dan Backsound menggunakan lagu berbahasa korea sehingga menarik dan mudah diingat bagi penonton terutama generasi muda, serta Durasi iklan dibuat singkat sehingga penonton tidak mudah bosan
  • strategi brand activation Pocari Sweat Run yang dibuat oleh PT. Amerta Indah Otsuka dalam hal meningkatkan loyalitas konsumen yang menjadikan landasan ketertarikan untuk melakukan penelitian tentang bagaimana strategi brand activation Pocari Sweat Run dalam meningkatkan brand loyalty terhadap pembeli. Tujuan Penelitian untuk mengetahui strategi brand activation Pocari Sweat Run dalam meningkatkan brand loyalty. Kajian Teoritis tentang komunikasi, proses komunikasi, periklanan, tujuan periklanan, iklan, iklan dan pemasaran, strategi, brand activation, dan brand loyalty dimana teori tersebut dikaitkan dengan hasil penelitian. Metode Penelitian penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitaif dengan metode penelitian studi kasus menggunakan teknik pemilihan key-informan dan informan, metode pengumpulan data, teknik analisis data, teknik keabsahan data, definisi konseptual, waktu dan tempat penelitian. Hasil Penelitian Pocari Sweat merupakan minuman isotonik pengganti cairan tubuh yang masih menjadi top of mind dikalangan minuman sejenis yang ingin sebuah brand activation. Berdasarkan hasil tersebut, maka Pocari sweat memilih event lari marathon Pocari Sweat Run untuk meningkatkan brand loyalty untuk pembelinya. Kesimpulan alasan strategi brand activation Pocari Sweat Run dilakukan karena untuk brand awareness Pocari Sweat adalah minuman terbaik untuk pelari sekaligus meningkatkan loyalitas dari para konsumen terutama target audiens yaitu runners dan juga berlatar belakang dari visi perusahaan yaitu selalu mengedukasi masyarakat bahwa Pocari Sweat adalah minuman pengganti cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Saran strategi brand activation dapat dilakukan dengan berbagai cara bukan hanya dalam bentuk kompetisi lari. Dalam merancang sebuah brand activation diharapkan lebih kreatif karena melihat perkembangan akan terus tumbuh maka akan muncul berbagai perusahaan minuman isotonik lain.

  • Celebrity Endorser
  • Contoh Celebrity Endorser yang digunakan dalam iklan pocari adalah pertama, dengan menggunakan talent bernama yui oguri untuk menjadi bintang iklan di minuman pocari sweat
  • Kedua, dengan menggunakan JKT48 yang dimana sebuah idol grup yang berasal dari indonesia, dengan menggunakan JKT48 sebagai talent di sebuah iklan pocari sweat memberikan wawasan kepada pemirsa televisi khususnya generasi muda tentang sebuah konsep baru menuju idol dalam wadah JKT48 yang diilhami oleh munculnya sebuah group idola wanita di Jepang AKB48 yang sangat fenomenal.

  • Evolusi Tagline
  • Tagline pada minuman pocari sweat ini adalah "go sweat go ion"  emberikan wadah bagi siapa pun untuk tetap aktif bergerak, kapanpun dan di manapun. Kampanye ini juga mengedukasi mengenai pentingnya berkeringat untuk kesehatan." kata Richard Ricky, Head of Marketing PT. Amerta Indah Otsuka. Kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat semakin meningkat namun hanya sedikit yang menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari.

  • Jingle
  • Jingle pada iklan minuman pocari sweat adalah dengan menayangkan kegiatan sehari hari atau  kegiatan yang sangat menguras tenaga dan cairan di tubuh kita, sehingga setelah melakukan aktivitas langsung meminum pocari sweat agar ion yang terbuang selama kegiatan yang kita lakukan dalam satu hari dapat kembali ke tubuh kita seperti semula lagi
  •  
  • Menginspirasi Target Audience

  • Minuman Pocari Sweat semakin gencar menyerbu pasaran dengan kelebihan-kelebihan yang berusaha ditonjolkan. Minuman sendiri sebenarnya ada karena adanya kebutuhan manusia akan cairan. Ketika manusia haus, maka ia minum. Ini adalah kebutuhan dasar manusia, namun sekarang ini banyak pilihan-pilihan jenis minuman yang dapat dikonsumsi. Misalkan, ada minuman isotonik dengan kelebihannya yaitu mengandung ion yangdapat menggantikan cairan tubuh, minuman jus dalam kemasan, bahkan air putih kemasan seperti Aqua. Adanya produk-produk ini merupakan hasil dari adanya kebutuhan dasar manusia untuk minum di saat haus.

  • Iklan Pocari Sweat sendiri berusaha menampilakan gambaran bahwa manusia membutuhkan ion untuk menjaga kelembaban kulit, membantu menyembuhkan metabolisme tubuh yang rusak, ion tubuh bisa hilang saat tidur, berkeringat, maupun menangis. Bila ditelusur lebih jauh, sebenarnya kebutuhan dasar kita adalah untuk minum. Sebenarnya cukup dengan air putih atau minuman isotonic yang dapat dibuat sendiri, misalkan oralit. Air kelapa juga dapat menjadi pilihan minuman isotonic yang bersifat alami. Pocari Sweat sendiri tak hayal juga sama dengan air putih karena berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi, tetapi orang merasa keduanya mempunyai perbedaan yang signfikan.

  • Periklanan bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk, mempertahankan citra perusahaan, membujuk komunikan untuk membeli dan lain-lain. Pada prinsipnya semua iklan dimaksudkan untuk menimbulkan respon positif dari masyarakat, setiap iklan yang dirancang untuk menimbulkan tanggapan masuk dalam benak masyarakat atau konsumen dan pada akhirnya bertindak sesuai dengan tujuannya. Dalam menarik perhatian dan mempengaruhi perasaan konsumen terhadap barang dan jasa diperlukan iklan dengan daya tarik pesan agar iklan tersebut diperhatikan oleh khalayak.
  •             Pengiklan terus-menerus bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen. Dan ini bukan tugas yang mudah mengingat sudah terlalu banyak iklan di media cetak, elektronik, dan sumber informasi lain yang tersedia untuk konsumen setiap hari. Intinya adalah menjelaskan apa adanya, baik dari segi etika maupun naluri bisnis yang cerdas. Konsumen belajar dengan cepat ketika mereka ditipu dan akan membenci pengiklan. Iklan yang disampaikan melalui media bertujuan untuk menjangkau berbagai daerah. Media dengan berbagai karakteristiknya membawa pesan iklan sesuai dengan tujuan strategi pemasaran masing-masing produk. Media terdiri dari dua kelompok besar, yaitu media konvensional dan media tidak konvensional. Media konvensional adalah media yang telah disepakati oleh masyarakat sebagai media personal (tatap muka, promosi penjualan, dan telepon) dan impersonal (cetak, siaran, dan elektronik atau digital). Media inkonvensional adalah media yang tidak umum digunakan, seperti gedung-gedung yang digunakan sebagai media periklanan. dunia seni berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Sebagai contoh, bermain tampilan visual berarti bermain di ranah seni. Dalam iklan cetak, seni biasanya diwakili oleh foto, gambar yang dihasilkan komputer, atau ilustrasi yang digambar tangan. Dalam iklan video, seni dapat direpresentasikan dalam bentuk film aksi langsung, foto diam, atau animasi. Pemirsa acara televisi memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun