Kemajuan teknologi telah memberikan berbagai alat yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya Google Map. Platform ini dapat dimanfaatkan untuk memetakan potensi dampak perubahan sosial di wilayah tempat tinggal. Dengan teknik pembelajaran berdiferensiasi etnik, siswa diajak bekerja dalam kelompok berdasarkan tempat tinggal mereka untuk memahami dan menganalisis perubahan sosial di sekitar mereka.
Langkah-Langkah Pemanfaatan Google Map
#01 Pembentukan Kelompok Berdasarkan Wilayah
Siswa dikelompokkan berdasarkan tempat tinggal mereka. Setiap kelompok bertugas memetakan wilayah sekitar dan mengidentifikasi potensi perubahan sosial yang terjadi, seperti akibat pembangunan atau kemajuan teknologi.
#02 Identifikasi Potensi Perubahan Sosial
Siswa mengamati lingkungan sekitar untuk mencatat perubahan seperti:
Dampak pembangunan fasilitas umum (jalan, pusat perbelanjaan, atau pabrik).
Perubahan pola kerja akibat digitalisasi.
Pergeseran budaya atau kebiasaan lokal.