Menurut Harper dalam buku Sosiologi Kelas XII, gejala perubahan sosial ditandai dengan adanya perubahan pada pola perilaku, status dan peran, proses sosial, serta fungsi struktur sosial. Perubahan-perubahan ini menunjukkan dinamika yang terjadi dalam masyarakat seiring berjalannya waktu. Untuk memahami konsep tersebut, siswa kelas XII diminta untuk mengidentifikasi fenomena di sekitar mereka yang relevan dengan teori Harper.
Setelah mengidentifikasi fenomena yang ada, siswa melakukan analisis menggunakan konsep perubahan sosial yang telah dipelajari. Hasil dari analisis ini kemudian ditukar dengan hasil milik teman sekelas untuk saling dikritisi. Dalam proses kritik tersebut, siswa memberikan tanda lingkaran pada jawaban yang sudah jelas dan tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut. Sebaliknya, tanda bintang diberikan pada jawaban yang masih membingungkan dan memerlukan klarifikasi dari pemilik catatan.
Diskusi yang berlangsung aktif ini memungkinkan siswa saling memberikan penjelasan atas jawaban yang memerlukan tambahan informasi. Melalui proses ini, siswa tidak hanya memahami materi secara teori, tetapi juga dapat menerapkannya dalam konteks nyata. Dengan demikian, konsep perubahan sosial menjadi lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H