Mohon tunggu...
Muhammad Ammar Robbaanii
Muhammad Ammar Robbaanii Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Progam Studi Ilmu Sejarah Universitas Padjadjaran

Penulis memiliki hobi dalam bidang automotif, gadget, sejarah dan juga sosial budaya. suka berbagi pandangan baru terhadap isu-isu terkini dan nanti

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Pengalaman Memodifikasi Kirian Honda PCX 160

22 Juni 2024   15:51 Diperbarui: 22 Juni 2024   15:53 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Honda PCX 160 by: Astra Honda Motor

            

Memodifikasi kendaraan adalah sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tren modifikasi kendaraan sendiri terus bertahan dari masa ke masa dan terus berkembang. Modifikasi yang dilakukan bisa untuk mempercantik eksterior kendaraan dan ada pula modifikasi permesinan. tujuan melakukan modifikasi memiliki banyak alasan, seperti ingin menambah tenaga kendaraan atau hanya sekedar memperindah tampilan kendaraan.

Pada tahun 2021 Astra Honda Bermotor meluncurkan All New PCX 160. Kehadiran PCX 160 ini adalah untuk membendung gempuran motor dari pabrikan Yamaha yaitu NMAX 155. PCX 160 sendiri dibekali mesin 157 cc dan sudah membawa teknologi Honda terbaru yaitu eSP+ sehingga performa mesinnya meningkat dibandingkan generasi sebelumnya.

PCX 160 sendiri tidak hanya dibekali oleh mesin yang gahar yang memiliki tenaga yang besar. Akan tetapi juga dibekali desain motor yang elegan. Desain elegan ini bisa kita lihat dari bentuk motor yang mirip dengan jetski. Desain tersebut dipadukan dengan perlampuan yang semuanya telah menggunakan LED sehingga menambah kesan elegan pada motor ini.

Tidak lupa PCX 160 juga dilengkapi teknologi keamanan yang modern. Hal tersebut bisa kita lihat pada penggunaan kunci kontak yang sudah tidak menggunakan anak kunci. Namun, telah menggunakan teknologi Keyless. Dari sisi pengereman pun PCX 160 juga dibekali dengan rem ABS ( Anti Lock Braking System) single channel sehingga membuat pengereman dari motor ini semakin baik. Pada varian PCX 160 non ABS sendiri tetap dibekali dengan sistem pengereman CBS ( Combi Brake System). Tidak lupa pula PCX 160 juga telah dibekali dengan rem cakram pada depan dan belakangnya.


Walaupun PCX 160 sudah memiliki tenaga yang sangat memuaskan, akan tetapi bagi pemilik yang merasa masih kurang dengan tenaga tersebut dapat melakukan modifikasi di bagian mesin dan CVT. Jika ingin memodifikasi pada bagian permesinan bisa dengan berbagai cara , seperti Bore up, Stroke up dan juga bisa melakukan ubahan pada sektor injeksi, seperti penggantian Throttle body, Koil, serta Busi. Dengan memodifikasi bagian permesinan dan juga injeksi akan memberikan dampak yang signifikan pada tenaga sebuah motor. Namun, perlu diperhatikan memodifikasi permesinan dan juga injeksi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Bagi yang memiliki keterbatasan biaya bisa mulai dari memodifikasi pada bagian CVT. CVT ( Countinously Variable Transmission ) adalah pengganti transmisi gigi pada motor matic. Dalam dunia mekanik dan bengkel juga sering di sebut sebagai Kirian. Memodifikasi kirian motor bisa dimulai dari penggantian roller CVT. Hal pertama yang harus kita ketahui adalah berat bawaan roller motor kita dan juga gaya berkendara kita. Jika menginginkan tarikan rpm bawah yang baik maka bisa dengan menurunkan berat roller bawaan 2-6 gram, sedangkan yang menginginkan top speed dan tarikan rpm atas yang baik bisa menaikkan roller bawaan motor 2-4 gram. Tentu dengan menaikkan dan menurunkan berat roller memiliki konsekuensi yang berbeda. Semakin ringan roller akan membuat tarikan bawah semakin ringan, sedangkan semakin berat roller membuat tarikan atas semakin baik jadi kita harus mengetahui gaya berkendara kita.

Selanjutnya dalam memodifikasi kirian bisa dengan mengganti kampas dan mangkok ganda. Kampas dan mangkok ganda berfungsi sebagai penyalur tenaga dan putaran mesin ke roda. Dengan mengganti kampas dan mangkok ganda bawaan motor membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda semakin mudah. Lalu setelah memodifikasi mangkok dan kampas ganda bisa dilanjutkan dengan memodifikasi Per CVT dan juga pulley depan. Dengan memodifikasi pulley depan membuat Vanbelt dapat bergerak pada titik maksimumnya, sehingga motor memiliki akselerasi semakin ringan dan motor tidak perlu rpm yang lebih tinggi untuk mencapai tenaga yang dibutuhkan. Dan mesin motor tidak bekerja lebih keras.

Pengalaman saya dalam memodifikasi kirian motor Honda PCX 160 dengan mendatangi bengkel motor yaitu Planet Ban. Di Planet Ban selain menjual segala ban untuk motor mereka juga menyediakan jasa servis dan penggantian sparepart fast moving motor. teruntuk ketersediaan sparepart di Planet Ban cukup lengkap. Saya mengganti roller bawaan motor saya dengan yang lebih ringan di Planet Ban. Perlu kita sama mengetahui untuk berat standar roller PCX 160 adalah 19 gram dan saya menurunkan beratnya menjadi 14 gram sesuai dengan gaya berkendara saya.

Penggantian roller di Planet Ban hanya dikenakan biaya harga barang dengan gratis ongkos pemasangan. Jadi uang yang saya keluarkan sebesar Rp. 69,000 untuk roller 14 gram. Dengan hanya mengganti roller bawaan ke yang lebih ringan, saya sudah merasakan perbedaannya terutama pada tarikan awal. Sekarang tarikan awal menjadi lebih ringan dan juga responsif, namun memang untuk tarikan atas dan top speed sedikit berkurang. Dikarenakan saya menggunakan motor untuk pulang pergi aktivitas harian dengan medan stop n go kemacetan dan mendahului pengendara lain. Dengan roller yang ringan semakin memudahkan dalam berkendara, terutama ketika ingin mendahului kendaraan lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun