Mengoptimalkan Pengelolaan Kerja Praktik dengan Framework CodeIgniter: Studi Kasus di UNIPDU
Di era digital saat ini, pengelolaan sistem informasi yang efektif sangat krusial bagi institusi pendidikan untuk mendukung kegiatan akademik, termasuk Kerja Praktik (KP). Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) adalah salah satu institusi yang telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Kerja Praktik (SIMKP) untuk mengelola proses KP di Program Studi Sistem Informasi. Namun, sistem ini menghadapi beberapa tantangan teknis yang signifikan. Masalah-masalah tersebut termasuk ketidaksesuaian data peserta, kesulitan dalam proses absensi dan bimbingan, serta tidak berfungsinya fitur penilaian dan pengumpulan laporan. Tantangan ini tidak hanya menghambat kelancaran pelaksanaan KP, tetapi juga menunjukkan bahwa pengelolaan sistem informasi yang kurang optimal dapat berdampak serius pada proses pendidikan.
Penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Alvin Choirudin, Diema Hernyka Satyareni, dan Eddy Kurniawan pada tahun 2023 menawarkan solusi untuk masalah ini melalui pengembangan SIMKP dengan menggunakan framework CodeIgniter. Framework ini dipilih karena keunggulannya dalam hal efisiensi, skalabilitas, dan kemudahan dalam pengembangan aplikasi web. Dalam publikasi yang diterbitkan di Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 9, Nomor 1, tahun 2023, mereka menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan kinerja SIMKP secara keseluruhan.
Proses pengembangan sistem ini tidak hanya berfokus pada perbaikan fitur yang sebelumnya bermasalah, tetapi juga menambahkan fitur-fitur baru untuk mendukung proses bisnis yang lebih efektif. Penggunaan metode prototyping memungkinkan peneliti untuk berinteraksi secara langsung dengan pengguna akhir, memastikan bahwa setiap perubahan yang dilakukan pada sistem benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka. Hasil pengujian black box testing menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan telah memenuhi kriteria fungsional yang ditetapkan, menandakan keberhasilan implementasi yang signifikan dalam pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks pengelolaan Kerja Praktik di tingkat universitas.
Framework CodeIgniter yang digunakan dalam pengembangan SIMKP menawarkan berbagai keunggulan, terutama melalui penerapan konsep Model-View-Controller (MVC). Konsep MVC memisahkan logika bisnis, data, dan tampilan antarmuka, yang tidak hanya membuat kode lebih terstruktur dan mudah dipelihara, tetapi juga memungkinkan pengembang untuk melakukan pembaruan sistem tanpa mengganggu fungsionalitas keseluruhan aplikasi. Dengan menggunakan CodeIgniter, peneliti berhasil mengatasi berbagai masalah yang sebelumnya menghambat kinerja SIMKP, seperti ketidaksesuaian data peserta dan ketidakberfungsian fitur penilaian.
Keberhasilan pengembangan SIMKP ini juga didukung oleh pendekatan prototyping, yang memungkinkan pengembang untuk berinteraksi terus-menerus dengan pengguna selama proses pengembangan. Metode ini membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna secara lebih akurat dan memungkinkan adanya revisi sistem secara berkelanjutan berdasarkan umpan balik yang diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa SIMKP yang dikembangkan mampu memenuhi ekspektasi pengguna, terutama dalam hal peningkatan efisiensi pengelolaan kerja praktik. Pengujian black box testing yang dilakukan memastikan bahwa sistem telah diuji secara komprehensif, dengan hasil yang menunjukkan bahwa setiap komponen sistem bekerja sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan.
Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan bagaimana pemilihan framework yang tepat dapat meningkatkan efisiensi pengembangan sistem. Dengan CodeIgniter, waktu pengembangan sistem dapat dipersingkat hingga 30% dibandingkan dengan metode pengembangan konvensional. Selain itu, tingkat kesalahan pada sistem yang dihasilkan juga berkurang signifikan, dengan validasi 100% dalam pengujian fungsionalitas. Ini menunjukkan bahwa pemilihan framework dan metode pengembangan yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah proyek sistem informasi. Dalam konteks pendidikan, sistem yang efisien dan handal seperti SIMKP sangat penting untuk memastikan bahwa proses akademik berjalan lancar dan mahasiswa mendapatkan pengalaman pendidikan yang optimal.
Pengembangan SIMKP dengan menggunakan framework CodeIgniter di UNIPDU memberikan gambaran yang jelas tentang pentingnya memilih teknologi dan metode pengembangan yang tepat dalam menciptakan sistem informasi yang efisien dan efektif. Penelitian ini tidak hanya berhasil memperbaiki masalah-masalah yang ada pada sistem sebelumnya tetapi juga memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan lebih lanjut. Keberhasilan penelitian ini menjadi contoh yang dapat diadopsi oleh institusi pendidikan lainnya yang ingin meningkatkan pengelolaan akademik mereka melalui teknologi.
Sebagai langkah selanjutnya, pengembang dapat mempertimbangkan untuk memperluas fitur SIMKP ke dalam aplikasi mobile, memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna dalam mengakses sistem dari berbagai perangkat. Selain itu, peningkatan pada aspek keamanan juga perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa data mahasiswa dan proses akademik terlindungi dengan baik dari potensi ancaman keamanan. Dengan terus berinovasi dan meningkatkan sistem ini, diharapkan SIMKP dapat terus mendukung keberhasilan akademik mahasiswa dan berkontribusi pada kualitas pendidikan yang lebih baik di masa depan.
Penelitian ini juga membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut, seperti integrasi dengan sistem lain yang ada di universitas atau peningkatan fitur analitik untuk memantau dan menganalisis data KP dengan lebih baik. Dengan pendekatan yang tepat, sistem ini tidak hanya akan memenuhi kebutuhan saat ini tetapi juga siap menghadapi tantangan di masa depan.
Referensi
Choirudin, M. A., Satyareni, D. H., & Kurniawan, E. (2023). Implementasi Framework Codeigniter Pada Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kerja Praktik di Program Studi Sistem Informasi. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 09(01), 67-77. https://dx.doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.67-77Â