Mohon tunggu...
Muhammad Akbar
Muhammad Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan nama saya Muhammad Akbar, saya mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia, universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Proses Pembelajaran

29 Juni 2024   20:18 Diperbarui: 29 Juni 2024   20:18 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI 

DALAM PROSES PEMBELAJARAN

MUHAMMAD AKBAR DAN VERA SARDILA

PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Artikel ini menjelaskan bahwa teknologi mempunyai pengaruh besar dalam proses pembelajaran. Di era globalisasi ini, teknologi semakin berkembang dan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Teknologi memegan peranan penting baik dalam bidang apapun terutam dalam bidang pendidikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering kita jumpai adanya pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan, Seperti yang dilakukan oleh guru atau dosen yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajara lebih efektif dan efesien. Namun , penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran memiliki dampak tersendiri bagi guru atau juga siswa. Oleh karena itu diharapkan guru mampu menggunakan teknologi sebaik mungkin guna meningkatkan hasil pembelajaran.

Kata Kunci: Teknologi, proses pembelajaran.

PENDAHULUAN

Di era globalisasi ini, teknologi semakin menjadi salah satu hal penting di dunia ini. Teknologi juga selalu berkembang di setiap zaman. Menurut Hanimoglu (2018), melalui teknologi, berbagai konsep terkait pembelajaran dapat dibagikan dengan mudah. Integrasi TI dalam proses pembelajaran membutuhkan keterampilan praktis dan akses ke perangkat teknologi untuk guru. Oleh karena itu, banyak institusi akademis telah berinvestasi secara signifikan dalam pembelian peralatan. Teknologi juga digunakan dalam pendidikan. Pendidikan adalah proses dimana seseorang tidak tahu menjadi tahu dan proses pembentukan karakter seseorang. Teknologi memegang peranan

Penting dalam pendidikan saat ini, karena teknologi dapat mendukung proses pembelajaran. Ada banyak teknologi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, seperti handphone, komputer, dan lain-lain. Dalam proses pembelajaran, tidak semua siswa atau guru dapat menggunakan teknologi di sekolah, itu semua tergantung pada kebijakan sekolah dan fasilitas yang ada di sekolah karena tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.

Teknologi dalam pendidikan memiliki banyak pengaruh, baik untuk proses pembelajaran, guru, dan siswa. Salah satu dampak positifnya adalah melalui teknologi proses pembelajaran menjadi lebih mudah dilakukan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga akan ada dampak negatifnya. Dengan demikian, sangat penting untuk mengetahui bagaimana teknologi mempengaruhi keadaan belajar untuk mengetahui apa yang baik dan apa yang tidak baik untuk proses pembelajaran.

PEMBAHASAN

Teknologi

Kata teknologi menurut bahasa Yunani "technologia" yang menurut Webster Dictionary berarti systematic treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis. Sedangkan techne menjadi dasar kata tekonologi berarti seni, kemampuan, ilmu atau keahlian, keterampilan ilmu. Jadi teknologi pendidikan bisa diartikan sebagai pegangan atau pelaksanaan pendidikan secara sitematis. Sedangkan teknolologi menurut bahasa yaitu techne, bahasa Yunani, dengan dimaknai seni, kerajinan tangan, atau keahlian. Bagi bahasa Yunani kuno teknologi diakui sebagai suatu aktivitas khusus, dan sebagai pengetahuan.

Kata teknologi merupakan kata yang sangat familiar bagi kita, hampir setiap hari kita selalu menemukannya bahkan menggunakannya. Teknologi merupakan salah satu bentuk proses perubahan zaman dimana setiap perkembangan selalu membawa perubahan, terlebih di era globalisasi ini. Berbagai macam teknologi yang bisa kita gunakan seperti handphone, televisi, dam lain-lain. Semuanya memiliki fungsi masing-masing yang kita butuhkan. Menurut Alkhabra dan Abdullah (2016), teknologi telah memperluas pembelajaran di luar lingkungan kelas. Bentuk platform pembelajaran ini telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi secara global untuk mencapai tingkat literasi dan keterampilan yang lebih tinggi yang relevan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari mereka.

Nawzad et al (2018), mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi di dalam kelas memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Itu dapat mengubah cara guru mengajar dan cara anak-anak belajar. Bidang pendidikan telah dipengaruhi oleh teknologi, yang memang mempengaruhi proses belajar mengajar. Selain itu Johan dan Harlan (2014), juga mengatakan bahwa perkembangan teknologi memberikan kontribusi yang besar bagi dunia pendidikan. Teknologi bisa sangat berguna bagi banyak orang untuk mendapatkan pendidikan. Itu membuat proses memperoleh pengetahuan lebih mudah

Ilmu pengetahuan kian hari semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Keberadaan guru berkompeten dan profesional adalah salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi guna meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat bersaing dengan negara-negara maju. kemampuan dan keterampilan sebagai kebutuhan dari sebuah profesi guru.Kemudian, guru harus dapat menyesuaikan dengan keadaan ini kalau tidak akan ketinggalan dan usang dimakan zaman. Kunci utama maju pesatnya pendidikan adalah kemampuan guru dalam mengolah dan menginovasi setiap proses pembelajaran yang diajarkannya.

Guru diharapkan terus berupaya untuk mengoreksi dan memperbaharui keterampilannya di setiap waktu. Sejalan dengan pernyataan Wartomo (2016:266), kompetensi guru harus diorientasikan terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan masyarakat digital dewasa ini Pendidikan Indonesia saat ini adalah bagaimana mencetak generasi muda yang memahami ilmu yang diajarkan, bukan sekadar pandai mengingat informasi.Siswa dituntut untuk memahami dan dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Pendidikan di Indonesia yang selama ini berpegang pada buku teks, sudah mulai tergantikan produk-produk digital, seperti e-book.

Dampak Positif

Munculnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan Hal ini berarti guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terpaku terhadap informasi yang diajarkan oleh guru. 

 Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru Dengan kemajuan teknologi, terciptalah metode-metode baru yang membuat peserta didik mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut-dengan bantuan teknologi-dapat dibuat secara abstrak dan menarik sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.  

Sistem pembelajaran tidak harus tatap muka Dengan adanya berbagai aplikasi video conference, pembelajaran yang disampaikan tidak harus secara tatap muka langsung.  

Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi Dengan berkembangnya IPTEK, semua tugas yang sebelumnya dikerjakan dengan cara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan.  

Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat Di dunia pendidikan, tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, contohnya adalah penggandaan soal ujian. Dengan adanya mesin fotocopy, kita bisa menggandakan kertas dengan mudah.

Dampak Negatif

E-learning yang dapat menyebabkan pengalihfungsian guru dengan adanya sumber belajar yang banyak tersedia di internet, peserta didik dapat mencari ilmu di internet. Sehingga dapat menggeser fungsi guru sebagai pengajar pelajaran. 

 Seringnya mengakses internet dikhawatirkan peserta didik tidak memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal Bukannya benar-benar memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal, tetapi malah mengakses hal-hal yang tidak baik seperti pornografi dan game online. 

 Peserta didik bisa terkena information overload dengan sangat banyaknya informasi yang tersedia di internet, membuat peserta didik rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir informasi yang ada

Peserta didik bisa menjadi pecandu keberadaan dunia maya (jadi anti sosial) Hal ini bisa terjadi ketika peserta didik tidak memiliki sikap skeptik serta kritis terhadap sesuatu hal yang baru.

 Cyber Crime Di dalam dunia pendidikan, pencurian dokumen atau asset penting tentang sebuah tatanan pendidikan yang dirahasiakan dapat terjadi jika sistem keamanan tidak ketat.

KESIMPULAN

Teknologi merupakan salah satu bentuk perubahan zaman, dimana setiap perkembangan selalu membawa perubahan. Teknologi memiliki hubungan yang erat dengan pendidikan, dimana pada saat ini, teknologi memegang peran penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Secara keseluruhan, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas, aksesabilitas, dan kualitas pendidikan. Namun, memerlukan strategi implementasi yang bijaksana untuk menghadapi serta mengatasi tantangan yang ada dan memaksimalkan manfaatnya.

DAFTAR PUSTAKA

Alkhabra, S., & Abdullah, N. (2016). Impact of technology from learning environment to organizational practices. International Journal of Social Sciencies and management, 3(2), 108-114.

Hanimoglu, E. (2018). The Impact Technology Has Had on High School Education over the Years. World Journal of Education. 8(6). 96-106

Jamun, Yohannes Marryono. "Dampak teknologi terhadap pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10.1 (2018): 48-52

Johan, R., & Harlan, J. (2014). Education nowadays. International Journal of Educational Science and Research (IJESR), 4(5), 51-56.

Kartilawati dan Mawaddatan Warohmah."Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi".Jurnal TA'DIB, Vol. XIX, No. 01, Edisi Juni 2014, hlm. 143-168. (online)

Nawzad, L., Rahim, D., & Wakil,K. (2018). The effectiveness of technology for improving the teaching of natural science subjects. Indonesian Journal of Curriculum and Educational

Wartomo."Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Prosiding temu ilmiah nasional guru (ting) VIII, Universitas Terbuka Convention Center, 26 November 2016, http://repository.ut.ac.id/6500/1/TING20 16ST1-26.pdf

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun