PENGEMBANGAN UMKMÂ
(USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH)
BERBASIS DIGITAL
Oleh: Muhammad Abid Adani
Apa sih pengembangan UMKM berbasis digital itu?
Di era digital yang sekarang ada banyak berbagai platform media sosial yang dapat mempromosikan usaha yang sedang di miliki. Media sosial tersebut bisa menjadi alat untuk mempermudah kita yang sedang memiliki usaha dalam berbisnis. Tujuan dalam pengembangan UMKM yang berbasis digital ini adalah bertujuan untuk mengembangkan atau memperbaiki kinerja, daya saing dan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana utama dalam melakukan bisnis. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah mendukung UMKM agar dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi, sehingga dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keterhubungan di era digital.
Dalam perekonomian yang ada di Indonesia UMKM memiliki peranan yang penting. Kenapa UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian yang ada di Indonesia? UMKM memiliki peran yang sangat penting karena beberapa alasan berikut: kontribusi terhadap PDB, penciptaan lapangan kerja, pemerataan ekonomi, menjadi sumber inovasi dan kreativitas , mendorong kemandirian ekonomi dll. Dengan adanya peran tersebut UMKM menjadi salah satu kunci yang memperkuat perekonomian yang ada di Indonesia. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan UMKM dalam meningkatkan usaha yang dimiliki adalah dengan mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk pengembangan UMKM.
Teknologi digital dapat menjadi faktor penting untuk UMKM dalam meningkatkan produktivitas, memperluas pasar, dan meningkatkan efisiensi operasional. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, pemanfaatan teknologi digital kini menjadi keharusan bagi UMKM agar dapat bertahan dan berkembang.William Tanuwijaya adalah tokoh inspirasi saya dalam membuat artikel ini. Beliau adalah seorang entrepeneur Indonesia yang berhasil mendirikan tokopedia. Di dalam artikel ini akan mengulas tentang pentingnya pengembangan UMKM berbasis digital, tantangan yang dihadapi, serta strategi dan solusi untuk mendorong proses transformasi digital pada UMKM di Indonesia.
Â
Pentingnya Pengembangan UMKM Berbasis Digital
Teknologi digital sangat penting bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) karena dapat mendorong perkembangan dan kelangsungan bisnis mereka di pasar yang semakin kompetitif. Ada beberapa alasan digitalisasi sangat krusial bagi UMKM:
- Memperluas Akses Pasar: Melalui platform media sosial, UMKM bisa memasarkan produk atau layanan mereka secara online dengan menggunakan platform seperti Instagram, Facebook, youtube, TikTok, dll. Yang memungkinkan untuk menawarkan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan produk dan layanan mereka.
- Meningkatkan Daya Saing: UMKM yang menggunakan teknologi digital dapat lebih mudah berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan tren pasar. UMKM dapat menawarkan produk dan layanan mereka sesuai kebutuhan pasar, serta memanfaatkan data untuk lebih memahami konsumen.
- Mempermudah Akses Ke Pembayaran Digital:Â Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk mendapatkan akses pembayaran dengan lebih mudah. Ada beberapa platform seperti Dana, QRIS, e-wallet, transfer bank, dll. Platform yang saya sebutkan tersebut dapat mempermudah melakukan pembayaran dalam jarak jauh dan sangat praktis ketika digunakan.
- Meningkatkan Pengalaman Pelanggan:Â Dengan memanfaatkan media sosial atau aplikasi, UMKM dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menerima masukan dari pelanggan, serta memberikan respons yang cepat terhadap pertanyaan atau masalah dari pelanggan.