Membimbing siswa belajar di dalam kelas. Dengan harapan mereka mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan. Terutama dalam pelajaran bahasa Inggris. Bukan merupakan hal yang mudah.
Beberapa dari mereka sering merasa jenuh, bosan, tidak menarik bahkan muak. Ketika berada di dalam kelas. Pada saat pelajaran bahasa Inggris. Sehingga, jangankan peningkatan kompetensi. Sekedar berpartisipasi di dalam forum diskusi saja, enggan sekali merka lakukan.
Sehingga butuh sebuah refleksi pembelajaran. Mencari akar masalah yang menyebabkan proses KBM tidak maksimal. Baik melalui kajian literature. Dari pelbagi jurnal, penelitian dan buku-buku bacaan. Maupun dari hasil wawancara langsung. Dengan rekan sejawat, sesama pendidik, dengan kepala sekolah, para ahli maupun siswa itu sendiri.
Dengan harapan mampu mengetahui akar masalah yang menyebabkan miskonsepsi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.
Pada materi PPG dalam jabatan kategori 2 di LPTK Untirta ini. Saya mendapatkan banyak masukan. Dari dosen-dosen berprestasi dan berpengalaman. Untuk bagaimana caranya mengeksplor masalah di dalam kelas, sedalam-dalamnya. Sampai menemukan akar masalah yang harus dipecahkan.
Termasuk juga, diajak untuk mencari jurnal-jurnal internasional. Sangat baik untuk dijadikan kajian literature sebagai rujukan eksplorasi malasah pembelajaran.
Kegiatan PPG ini sangat membantu. bukan hanya sebuah bahan refleksi. Namun dikegiatan selanjutnya akan ada ranah refleksi dikelas. sehingga mampu membawa perubahan agar proses pembelajaran bisa menyenangkan dan menghasilkan lulusan-lulusan berkarakter serta cakap dalam menghadapi perubahan jaman yang sangat cepat seperti sekarang ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H