Mohon tunggu...
Muhammad Fikky
Muhammad Fikky Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media di Pasar Global

16 November 2018   02:41 Diperbarui: 16 November 2018   03:19 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Zaman sekarang, media amatlah penting dalam kehidupan. Orang tak dapat terpisahkan dengan media. Dalam globalisasi, media sendiri memegang peranan penting terutama dalam pasar yang disebut pasar global. Pasar global adalah pasar dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha.

Berikut adalah beberapa manfaat pasar global:

  • Mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan
  • Untuk bertahan hidup.

Bagi Indonesia sendiri, pasar global membawa pengaruh antara lain membawa keuntungan dalam perekonomian Indonesia. Perantaranya dapat melalui internet atau social media yang dimana semua orang tak dapat dipisahkan dari internet dan social media.

Adapula, produk-produk dalam bentuk media antara lain:

Televisi

Program hiburan AS - serial drama, sabun dan pertunjukan, seperti Star Trek, Baywatch, Friends, ER, dan The X Files ditampilkan di saluran televisi di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan sindikasi juga menjual 'hak format' untuk program yang lebih spesifik secara nasional, seperti acara permainan. Format-format buatan AS ini menunjukkan bahwa Family Feud dan Wheel of Fortune telah diadaptasi untuk produksi di banyak negara (Blumenthal dan Goodenough, 1998). Beberapa genre televisi, terutama animasi, musik, dokumenter satwa liar, dan acara olahraga langsung, relatif mudah dijual ke dalam konteks budaya yang berbeda. Program-program satwa liar, misalnya, dapat dengan mudah diterjemahkan ke dalam bahasa lain, karena mereka sering tidak memiliki presenter yang terlihat dan oleh karena itu lebih murah untuk voice-over track yang akan ditetapkan. Jaringan Discovery yang berbasis di AS, membuat program faktual tentang sejarah, sains dan teknologi, seni dan sejarah alam, adalah pemain kunci dalam genre ini.

Industri Film

Sebuah tren yang mungkin tumbuh mengingat proliferasi cara-cara baru pengiriman film dan pemrograman berbasis film. Setidaknya sejak Perang Dunia II, perusahaan film AS telah merencanakan strategi pemasaran mereka dengan mempertimbangkan khalayak internasional. Sebuah film seperti karya Stanley Kubrick yang kontroversial tahun 1999 Eyes Wide Shut adalah pencari nafkah teratas di negara-negara yang memiliki keragaman budaya seperti Perancis, Jepang, Australia dan Meksiko (Screen International, 8 Oktober 1999). Dalam perindustrian film, Hollywood memegang peringkat tertinggi dalam indistri film internasional.

Periklanan internasional

Amerika Serikat adalah pasar periklanan terbesar di dunia, tiga kali lebih besar daripada saingan terdekatnya, Jepang dalam hal pembelanjaan untuk iklan. Melalui jaringan subsidi nasional mereka, mereka mempengaruhi industri periklanan internasional, yang dianggap bernilai $ 435 miliar setiap tahun. Pembukaan pasar baru telah memastikan bahwa konglomerat periklanan dapat memperluas operasi mereka tanpa batasan, memasang jaringan baru dan menghadapi lebih sedikit masalah dalam pemulangan royalti atau laba.

Jaringan berita dan informasi global

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun