Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 jatuh pada tanggal 2 Mei, di tengah momentum Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Momentum ini menjadi momen penting untuk merefleksikan kembali arah dan tujuan pendidikan Indonesia di tengah berbagai perubahan sosiologis, ekologi, dan teknologi yang mendisrupsi tatanan lama.
HariMerdeka Belajar memang membuka ruang inovasi dan fleksibilitas dalam proses belajar mengajar. Namun, di sisi lain, terdapat pula kekhawatiran akan potensi kesenjangan akses dan kualitas pendidikan, terutama bagi mereka yang berasal dari latar belakang ekonomi dan sosial yang kurang beruntung.
Tantangan lain yang tak kalah penting adalah bagaimana mengintegrasikan inklusivitas budaya dan kebebasan berpendapat dalam pendidikan. Di satu sisi, kita perlu mendorong pengajaran yang responsif terhadap budaya dan menghargai keberagaman. Di sisi lain, penting juga untuk menjaga ruang bagi kebebasan berpendapat dan diskusi terbuka, tanpa rasa takut akan 'pembatalan budaya' (cancel culture).
Di tengah berbagai tantangan ini, pendidikan tetaplah memiliki potensi transformatif yang tak tertandingi dalam membentuk masa depan yang adil dan berkelanjutan. Kita perlu membangun kontrak sosial baru dalam bidang pendidikan, yang berakar pada prinsip-prinsip hak asasi manusia, keadilan sosial, martabat manusia, dan keragaman budaya.
Berikut beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan untuk memajukan pendidikan Indonesia di era Merdeka Belajar:
1. Memastikan Akses Pendidikan yang Berkualitas dan Merata:
Pemerintah perlu memastikan bahwa semua anak bangsa, tanpa terkecuali, memiliki akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan alokasi anggaran pendidikan, membangun infrastruktur sekolah yang memadai, dan menyediakan program beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu.
2. Meningkatkan Kapasitas Guru dan Sekolah:
Guru adalah kunci utama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas guru melalui pelatihan, pengembangan profesional, dan pemberian penghargaan yang layak. Sekolah juga perlu diberdayakan untuk menjadi pusat inovasi dan pengembangan pedagogi yang efektif.
3. Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pendidikan:
Teknologi dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan. Namun, penting untuk memastikan bahwa pemanfaatan teknologi dilakukan secara bijak dan bertanggung jawab, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan siswa.