"Menghadapi Era Digital: Strategi Membangun Moralitas Generasi Z"
Oleh
Muhammad Daffa Abyan Aldzaky
202410040110272
Â
PENDAHULUAN
Di era yang serba digital, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat, termasuk generasi muda. Generasi Z atau Gen Z merupakan sekelompok orang yang lahir pada akhir tahun 1990-an hingga pertengahan tahun 2010-an, dengan usia berkisar antara 5 hingga 24 tahun. Mereka tumbuh di lingkungan yang penuh dengan teknologi. Oleh karena itu, Generasi Z sering disebut Generasi Digital, yaitu individu yang sudah mengenal teknologi, khususnya Internet, sejak usia sangat muda.
Dalam penggunaan media, mereka mengonsumsi secara berbeda dari generasi sebelumnya, sehingga mempengaruhi perubahan pola sosial melalui sifat dan alat yang mereka gunakan. Generasi ini nampaknya sangat tertarik untuk mengekspresikan diri dan berpartisipasi dalam realitas yang lebih luas melalui platform digital. Tantangan yang dihadapi serta dampak yang timbul dari fenomena tersebut.
PERMASALAHAN
Generasi Z di Indonesia memiliki ciri khas sebagai generasi yang tumbuh di era digital. Mereka menunjukkan kreativitas digital yang luar biasa karena sudah terbiasa hidup dengan teknologi sejak kecil. Oleh karena itu, penting untuk memahami secara mendalam karakteristik Generasi Z dan mencari strategi apa yang cocok untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut guna mendukung masa depan masyarakat digital yang lebih baik.
Komunitas online