Mohon tunggu...
Muhammad Fikri
Muhammad Fikri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Konten pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pembelajaran Berdiferensiasi: Menghormati Keragaman dalam Pendidikan

2 November 2023   11:37 Diperbarui: 2 November 2023   11:46 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Penulis

Pendidikan adalah kunci untuk perkembangan individu, dan setiap peserta didik adalah individu yang unik. Untuk mencapai potensi maksimal mereka, pendekatan pendidikan yang menyamaratakan semua peserta didik tidaklah cukup. Inilah sebabnya mengapa pembelajaran berdiferensiasi menjadi semakin penting dalam sistem pendidikan. Namun, tahukah kalian apa itu pembelajaran berdiferensiasi? Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang bertujuan untuk menghormati keragaman peserta didik dengan menyesuaikan metode pembelajaran, materi, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kesiapan mereka.

Pembelajaran berdiferensiasi mengakui bahwa setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda, tingkat pemahaman yang beragam, dan kebutuhan individual. Ini adalah pendekatan yang mengejar kesetaraan, bukan keseragaman. Beberapa karakteristik inti dari pembelajaran berdiferensiasi termasuk:

1. Pemahaman Kebutuhan Siswa:
Guru yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berinvestasi dalam pemahaman mendalam tentang setiap peserta didik. Mereka mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, minat, dan tingkat pemahaman individu untuk mengarahkan pembelajaran.

2. Penyesuaian Materi dan Metode:
Guru mengadaptasi materi pembelajaran dan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Ini bisa berarti memberikan bahan bacaan yang lebih sesuai, mengintegrasikan media, atau memberikan tugas yang relevan dengan minat peserta didik.

3. Penggunaan Kelompok Kecil:
Mengorganisir peserta didik dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan yang serupa atau berbeda memungkinkan guru untuk memberikan panduan yang lebih terfokus dan mendalam kepada setiap kelompok.

4. Evaluasi yang Sesuai:
Asesmen dalam pembelajaran berdiferensiasi disesuaikan dengan tingkat peserta didik. Ini bisa berupa penilaian formatif (sepanjang pembelajaran) atau penilaian sumatif (evaluasi akhir) yang mencerminkan kemajuan peserta didik.

5. Fleksibilitas dan Dukungan:
Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengambil inisiatif dalam pembelajaran mereka sendiri. Guru juga memberikan dukungan yang sesuai, baik melalui bimbingan langsung maupun dengan memberikan alat dan sumber daya tambahan.

6. Menghargai Keragaman Kultural:
Pembelajaran berdiferensiasi juga mempertimbangkan keragaman budaya peserta didik, mengakui pengaruh latar belakang mereka pada pendekatan pembelajaran yang efektif.


Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah tugas yang mudah, tetapi manfaatnya sangat besar. Ini memberikan peluang bagi setiap peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Dalam lingkungan pendidikan yang berfokus pada pembelajaran berdiferensiasi, peserta didik merasa dihargai dan didukung dalam perjalanan mereka menuju pengetahuan dan keterampilan yang lebih dalam. Pendekatan ini juga membantu mengatasi kesenjangan dalam pencapaian siswa dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan beragam. Dengan mengadopsi pendekatan ini, sistem pendidikan bergerak menuju masa depan yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun