Apa tindakan konkret yang dapat Anda ambil untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dasar berdasarkan pemahaman dari kelas ini?
      Keterampilan literasi tidak hanya sekedar membaca dan menulis saja, namun literasi mencakup kemampuan memaknai, memahami, menganalisis dan menyampaikan informasi yang didapatkan. Maka sangatlah penting keterampilan literasi ini untuk setiap individu termasuk peserta didik. Pada abad 21 ini literasi sangatlah luas seperti literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya & kewargaan. Literasi abad 21 tersebut harus dimiliki oleh peserta didik untuk bekal dimasa depan ketika melanjutkan pendidikan dan bekal menghadapi tantangan perkembangan zaman yang dinamis. Sehingga keterampilan literasi ini harus benar-benar diperhatikan oleh guru, orang tua dan peserta didiknya itu sendiri. Beberapa tindakan konkret yang saya lakukan dalam mengembangkan literasi dasar yaitu:
- Membangun budaya membaca di sekolah dan rumah melalui peran orang tua dengan melaksanakan kegiatan pembiasaan membaca sejak dini pada peserta didik.
- Memberikan tindak lanjut untuk penguatan terhadap apa yang sudah dibaca dalam kegiatan pembelajaran dapat berupa menceritakan kembali, membuat tulisan dari apa yang di baca, dan kegiatan lainnya.
- Memberikan fasilitas penunjang dalam kegiatan literasi baik fasilitas buku yang sesuai dengan usia peserta didik maupun fasilitas berupa teknologi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran pada kegiatan literasi.
- Selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik untuk bersemangat dalam kegiatan literasi dasar.
- Menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik agar dirumah selalu didukung dengan memperhatikan keterampilan literasi anaknya melalui kegiatan membaca, menulis dan menyampaikan informasi saat di rumah.
Bagaimana Anda akan membantu siswa Anda mengembangkan keterampilan literasi dasar dalam konteks mata pelajaran yang Anda ajarkan?
      Saya membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan pada saat mata pelajaran yang saya ajarkan yaitu melatih siswa untuk membaca teks bacaan atau materi pada mata pelajaran dengan waktu yang ditentukan. Setelah itu memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat berupa lisan atau menulis kalimat dan paragraf sesuai dengan informasi yang didapatkan dari membaca tersebut. Selanjutnya saya juga dapat memanfaatkan media visual dan audio visual untuk siswa melakukan pengamatan yang nantinya hasil pengamatannya tersebut bisa ditulis dan disampaikan di dalam kelas. Kemudian saya juga memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk menyuruh siswa meminjam buku dan dibaca bersama-sama didalam kelas.
Aksi Nyata (Rancangan Program Kegiatan Literasi)
Literasi pra pembelajaran
Kegiatan literasi ini dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai selama 15 menit setiap hari, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dan kegiatan membaca peserta didik.
Pojok Baca
Program ini berupa perpustakaan kecil di kelas dengan menaruh buku-buku di pojok ruangan kelas. Pojok baca ini dimaksudkan untuk mendekatkan peserta didik terhadap buku sehingga dapat merangsang peserta didik untuk lebih gemar membaca dan melakukan aktivitas lain yang dapat megembangkan potensi dan daya pikir mereka.
Perpustakaan keliling dari perpustakaan daerah