Mohon tunggu...
Muhammad FauzilAdhim
Muhammad FauzilAdhim Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa jurusan pendidikan Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Organisasi dan Masyarakat: Simbiosis Mutualisme Menuju Kemajuan Bersama

29 Maret 2024   10:14 Diperbarui: 29 Maret 2024   10:15 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: https://kabar24.bisnis.com/read/20181010/15/847964/menteri-yohana-tegaskan-tak-ada-adopsi-anak-korban-bencana-sulteng

Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul di dalam wadah yang sama dan memiliki satu tujuan. Dengan adanya sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana, dan lain sebagainya dengan efektif dan efisien untuk bisa mencapai tujuan organisasi. Sedangkan, masyarakat adalah sekelompok manusia yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi dan hukum tertentu yang sama, serta mengarah pada kehidupan yang kolektif.

Suatu organisasi tentu tidak bisa lepas dari masyarakat, karena mereka tentunya berdiri di tengah masyarakat. Sehingga, suatu organisasi ada kalanya memang harus berinteraksi dengan masyarakat, atau memang ada organisasi tertentu yang didirikan untuk membantu atau mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Sehingga suatu organisasi harus memberikan kesan yang positif, dan membangun hubungan yang baik di masyarakat. Sehingga suatu organisasi dapat direspon dengan baik di tengah masyarakat.

Hubungan timbal balik antara organisasi dan masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Karena, dengan adanya hubungan timbal balik antara masyarakat dan organisasi dapat membentuk landasan  untuk mendapatkan informasi, pemahaman yang sama, dan adanya keterlibatan yang sifatnya berkelanjutan antara organisasi dan masyarakat. Dengan terciptanya hubungan timbal balik ini tentunya memungkinkan organisasi untuk dapat memahami keinginan, kebutuhan, dan harapan masyarakat di sekitar mereka. Dengan memahami ini, tentu memudahkan organisasi dalam membuat produk, layanan, dan inisiatif yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan nilai masyarakat. Sehingga kepuasan masyarakat dapat meningkat dan meningkatkan keberlanjutan organisasi.

Hubungan timbal balik yang tercipta antara organisasi dan masyarakat, sehingga ketika organisasi memiliki hubungan timbal balik, mereka dapat memperoleh umpan balik langsung tentang kinerja mereka dari masyarakat, yang memungkinkan mereka untuk mengevaluasi kekurangan mereka, mengubah strategi mereka, dan meningkatkan produk atau layanan mereka. Sehingga, hubungan timbal balik membantu organisasi tetap kompetitif dan relevan di dalam kehidupan social yang terus berubah.

Hubungan timbal balik yang kuat juga dapat meningkatkan rasa kepemilikan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mencapai keberhasilan organisasi. Ketika organisasi sangat memperhatikan pendapat dan kepentingan masyarakat, masyarakat lebih cenderung untuk mendukung dan mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki organisasi tersebut. Sehingga, dapat menghasilkan rekomendasi, testimoni, dan loyalitas masyarakat terhadap organisasi tersebut.

Dalam hal tanggung jawab social perusahaan (CSR), hubungan timbal balik yang sehat dengan masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Organisasi dapat membuat inisiatif CSR yang bersifat lebih relevan dan memiliki dampak yang positif dengan berpartisipasi aktif dalam komunitas dan mendengarkan kebutuhan masyarakat. Hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang dilayani dan dapat meningkatkan reputasi organisasi di tengah masyarakat. Sehingga, organisasi tersebut dapat dipandang masyarakat dengan baik dan bisa dipercaya.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa prinsip saling menghormati, kejujuran, dan transparansi harus menjadi dasar hubungan timbal balik ini. Oragnisasi harus bersedia untuk menerima kritik yang konstruktif dan adanya komunikasi secara terbuka dengan masyarakat. Di sisi lain, masyarakat juga harus bersedia untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan memberikan kesempatan bagi organisasi untuk memperbaiki diri.

Secara keseluruhan, hubungan timbal balik antara organisasi dan masyarakat sangat penting untuk membangun fondasi yang kokoh untuk kesuksesan jangka Panjang. Hubungan timbal balik ini tidak hanya melibatkan untuk memenuhi kebutuhan pasar atau mencapai tujuan organisasi, tetapi juga memiliki dampak yang positif terhadap masyarakt secara keseluruhan.

Manfaat yang Diperoleh Organisasi dari Masyarakat

Manfaat yang diperoleh organisasi dari masyarakat sangat beragam dan sangat penting untuk menjaga keberlanjutan dan pertumbuhan organisasi. Organisasi yang berinteraksi secara positif dengan masyarakat dapat memperoleh dukungan, reputasi, dan keuntungan finansial. Beberapa keuntungan utama yang dapat diperoleh organisasi dari interaksi yang positif dengan masyarakat adalah sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun