Muhammad Fauzil Adhim (1405623027)
Jurusan Pendidikan Sosiologi -- Fakultas Ilmu Sosial
Fakultas Ilmu Sosial -- fadhim731@gmail.com
Â
PENDAHULUAN
Kekerasan dan perundungan di dalam dunia pendidikan sudah menjadi masalah yang sangat serius baik di Indonesia maupun di luar negeri, bahkan di Indonesia banyak sekali kasus tentang kekerasan dan perundungan yang terjadi, baik di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menegah atas (SMA), bahkan tidak jarang juga kita menemukan kasus kekerasan yang terjadi di universitas. Tentu hal ini menyebabkan pengaruh terhadap korban. Pertanyaan utama yang perlu dijawab adalah "Apa dampak kekerasan dan perundungan terhadap prestasi akademik dan mental siswa?".
Adanya kekerasan fisik atau verbal dan perundungan yang terjadi di sekolah dapat menyebabkan gangguan terhadap konsentrasi siswa dalam pembelajarannya. Kondisi ini tentunya akan menurunkan tingkat konsentrasi siswa mereka pada saat pembelajaran sehingga akan berdampak pada prestasi akademik mereka (siswa). Siswa yang menjadi korban kekerasan atau perundungan biasanya cenderung sering tidak masuk sekolah, mengalami kesulitan belajar karena adanya gangguan-gangguan, dan kecil kemungkinannya untuk bersekolah karena merasa tidak nyaman.
Kekerasan dan perundungan juga dapat menimbulkan dampak psikologis yang serius pada korban atau siswa. Dampak psikologis yang dirasakan oleh korban adalah depresi, kecemasan, dan bahkan keinginan untuk melakukan bunuh diri. Masalah kesehatan psikologis ini tentunya mempengaruhi siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah. Bullying juga seringkali berdampak pada hubungan sosial siswa. Siswa yang mengalami kekerasan atau perundungan merasa terisolasi, tidak mempunyai teman dan  merasa tidak aman berada di lingkungan sekolah. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan sosial siswa dan kemampuan untuk membentuk hubungan yang sehat.
Olweus. D. (1993). "Kekerasan di Sekolah." Apa yang Kita ketahui dan Apa yang Dapat Kita lakukan. Kajian ini mengungkapkan dampak perundungan pada prestasi akademik dan kesejahteraan emosional siswa.
Raskauskas, J. Dan Stoltz, AD (2007). "Keterlibatan dalam penindasan Tradisional dan Elektronik di kalangan Remaja." Psikologi perkembangan. Penelitian ini menghubungkan bullying dengan dampak psikologis pada siswa.
Ahmadi, S. A., & Ismail , I. A. (2012). "School Violence and Academic Achievment of Urban Students in Malaysia." Procedia -- Social and behavioral Sciences. Studi ini menguji hubungan antara kekerasan di sekolah dan prestasi akademik siswa.