Mohon tunggu...
Muhammad Hafizuddin F
Muhammad Hafizuddin F Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UMY, Bantul, DIY, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM

21 Mei 2023   01:11 Diperbarui: 21 Mei 2023   05:46 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era modern saat ini kita tidak bisa terhindar dari perkembangan teknologi yang sangat cepat. Salah satu perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini yaitu media sosial. Di dalam berbisnis kegiatan promosi menjadi faktor penentu dalam meningkatkan angka penjualan bagi seluruh jenis usaha. Salah satu cara cukup efektif dalam menarik minat pelanggan adalah melakukan pemasaran berbasis online atau yang disebut dengan digital marketing.

Digital marketing merupakan kegiatan melakukan promosi brand atau produk melalui media digital. Cara ini dianggap paling efektif untuk saat ini sebagai salah satu cara pemasaran bagi semua jenis usaha, tidak terkecuali UMKM. Sebab meskipun usaha yang dijalankan berskala kecil, menentukan strategi promosi yang tepat tetap perlu dilakukan agar bisnis semakin berkembang.

Ada beberapa manfaat akan pentingnya penerapan digital marketing bagi UMKM yaitu:

  1. Memperluas jangkauan pasar.
  2. Meningkatkan angka penjualan.
  3. Menghemat biaya promosi.
  4. Menciptakan customer experience yang luar biasa.
  5. Mudah dalam menganalisis bisnis.
  6. Melayani customer dengan cepat.
  7. Mudah mengenali tren dan pasar.
  8. Menjangkau penggunaa perangkat khususnya smartphone.
  9. Meminimalisir hilangnya target pasar.
  10. Bisnis berkembang dengan cepat.

Di salah satu perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) para mahasiswa dibekali bagaimana cara mempromosikan barang atau produk yang sesuai ke tangan konsumen sehingga akan mendapatkan pelanggan yang cukup banyak. Para mahasiswa di UMY dibekali cara melakukan digital marketing sehingga produk-produk UMKM yang sedang dikelola oleh mahasiswa bisa tersebar dengan baik sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. UMY memfasilitasi bagaimana cara menggunakan digital marketing yang baik melalui berbagi seminar-seminar. Seminar tersebut mengajarkan bagaimana cara membuat media sosial tentang produk tersebut, membuat iklan, membuat poster, dan mempromosikan produknya ke e-commerce.

Dengan mengetahui berbagai alasan tersebut akan pentingnya penerapan digital marketing dalam UMKM dan bagaimana UMY mengajarkan atau memfasilitasi para mahasiswanya yang ingin merintis usaha UMKM melalui digital marketing maka dapat disimpulkan bahwa digital marketing sangat penting di dalam mengelola bisnis di era modern saat ini. Inti dari hal tersebut bahwa menerapkan digital marketing pada bisnis UMKM membantu cepatnya penyebaran informasi yang menjadi poin utama sehingga membantu bisnis UMKM berkembang dengan pesat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun