Artikel ini dibuat oleh ANANDA NADIRA PUTRIAWANÂ
MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG S1 AKUNTANSI,Â
TUGAS PENGANTAR MANAJEMEN
NIM : 211011201299
Kelas : 01SAKP008
PENDAHULUAN
   Manajemen Strategik adalah suatu tahap-tahap yang sudah direncanakan di awal oleh suatu perusahaan atau organisasi dalam menciptakan sebuah strategi yang dimiliki agar tercipta nya sebuah tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Dan di dalam manajemen strategik juga terdapat tanggung jawab sosial, rasa tanggung jawab sosial harus dimiliki oleh perusahaan dalam menjalankan suatu keputusan yang ada (menurut saya).
ISI
PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MANAJEMEN STRATEGIK
Tanggung Jawab Sosial Manajemen adalah salah satu kewajiban dari bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemangku kepentingan (menurut saya).
Beberapa pengertian tanggung jawab sosial manajemen menurut beberapa ahli :
a) Howard R. Bowen
Tanggung jawab sosial merupakan suatu kewajiban sosial dari perusahaan berdasarkan kepada keselarasan dengan tujuan objective dan nilai -- nilai value dari suatu masyarakat.
b) Fraderick
Tanggung jawab sosial dapat diartikan sebagai prinsip yang menerangkan perusahaan harus dapat bertanggung jawab terhadap efek dari setiap tindakan di dalam masyarakat maupun lingkungan.
c) Salem Sheikh
Tanggung jawab sosial merupakan tanggung jawab perusahaan, apakah bersifat sukarela atau berdasarkan undang -- undang, dalam pelaksanaan kewajiban sosial ekonomi di masyarakat.
* Jenis Tanggung Jawab Sosial Manajemen
a) Tanggung Jawab Lingkungan
   Seperti dengan mengurangi polusi, hemat energi, menggunakan bahan dan energi terbaru dan mengimbangi dampak lingkungan yang negatif dengan kegiatan seperti menanam pohon.
b) Tanggung Jawab Etis
   Berlaku adil terhadap pemangku kepentingan seperti menjaga privasi pelanggan, keragaman tenaga kerja, dan memberikan harga wajar bagi pemasok untuk input yang dibeli.
c) Tanggung Jawab Filantropi
   Memberikan dan melakukan sumbangan untuk bidang pendidikan, membantu mendonorkan darah.
d) Tanggung Jawab Ekonomi
   Mencapai keseimbangan antara praktik etis, lingkungan, dan filantropi misalnya dengan memodifikasi proses manufakturnya sehingga menghasilkan produk yang bisa di daur ulang.
* Keuntungan Tanggung Jawab Sosial Manajemen
a) Memberi perusahaan keunggulan kompetitif.
b) Menarik kandidat yang kuat dan meningkatkan retensi.
c) Meningkatkan budaya bisnis atau usaha.
* Kerugian Tanggung Jawab Sosial Manajemen
a) Memerlukan uang untuk mengimplementasikannya.
b) Dampak profitabilitas
c) Greenwashing
* Peran Penting Tanggung Jawab Sosial Manajemen
a) Membangun citra perusahaan.
b) Keprihatinan yang lebih tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan.
c) Meningkatnya tuntutan eksternal.