1.PBL (problem Based Learning )
A.pengertian PBLÂ Â Â
  Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks untuk belajar.Â
- PBL dapat digunakan dalam mata pelajaran apa pun dan dapat disesuaikan dengan tingkat kelas mana pun. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk melibatkan peserta didik dengan kemampuan yang berbeda-beda, termasuk peserta didik bahasa Inggris dan siswa berkebutuhan khusus
   Dalam PBL, siswa dihadapkan dengan masalah yang relevan dengan materi pelajaran, kemudian diminta untuk mencari solusi bersama. PBL juga memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:
- Siswa terlibat aktif dalam proses    pembelajaranÂ
- Siswa belajar berpikir kritis dan       memecahkan masalahÂ
- Siswa mendapatkan pengetahuan dan   konsep yang esensialÂ
- Siswa bekerja dalam kelompokÂ
- Siswa diberi kebebasan untuk         menentukan apa yang ingin mereka  pelajariÂ
- Siswa dilatih untuk menyelesaikan   masalah dan mendapatkan          pengetahuan  dari pengalaman tersebutÂ
- PBL dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir, mengatasi masalah, dan menjadi pembelajar yang mandiri. PBL juga dapat membuat pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan.Â
- PBL pertama kali diperkenalkan oleh Howard Burrows, seorang dokter dan pendidik di bidang kesehatan pada era 1960-an.Â
B. Fungsi PBL sebagai Berikut:
- Â Fungsi Problem-Based Learning (PBL) adalah untuk membantu peserta didik dalam menghadapi situasi kehidupan nyata dan belajar berperan sebagai orang dewasa dalam menyelesaikan masalah. Berikut beberapa fungsi PBL:Â
- Â Membantu siswa menerapkan pengetahuan: Siswa akan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah.Â
- Meningkatkan kemampuan berpikir kritis: PBL dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan beradaptasi dalam situasi baru. Â
- Mengembangkan keterampilan kolaborasi: Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelidiki masalah dan mencari solusi bersama. Â
- Membantu siswa menemukan pengetahuan baru: PBL merangsang siswa untuk menemukan pengetahuan baru bagi mereka.Â
- Membantu siswa menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari: PBL membantu siswa untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Â
- Membantu siswa berlatih berpikir: PBL membantu siswa untuk berlatih berpikir dalam menghadapi sesuatu. Â
- Membantu siswa belajar dengan menyenangkan: PBL dapat mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan dan terpusat pada peserta didik.Â
C.Langkah-langkah model pembelajaran    Problem Based Learning (PBL) secara     umum terdiri dari:
    1.Penyajian Masalah.Â
    2.Pengorganisasian Kelompok.
    3.Pencarian Informasi.
    4.Diskusi Kelompok.
    5.Penyusunan Solusi.