Senja pada Selasa 3 Oktober 2023 mungkin terasa berbeda bagi para pegiat perdagangan online khususnya para pelaku usaha yang berjualan di platform TikTok Shop.
Hal ini dirasakan sangat berbeda pasca diterimanya pengumuman via email resmi perusahaan yang mengumumkan bahwa pada tanggal 4 Oktober 2023 pada jam 17.00 TikTok Shop sudah tidak dapat beroperasi seperti biasanya.
Terlihat rasa haru juga menyelimuti beberapa para penjual yang melakukan live TikTok ,dari yang mengutarakan kesedihannya hingga menceritakan bagaimana proses awal suka duka hingga saat ini berjualan pada platform TikTok.
Tidak sedikit juga di momen kurang dari 24 jam ini para pedagang memberikan diskon yang lebih besar dari biasanya karena dengan harapan investasi persediaan yang sudah ada dapat terjual sehingga tidak menimbulkan dead Stock yang justru akan menambah risiko kemungkinan kerugian yang lebih besar.
Bagi para pelaku usaha khususnya di dunia perdagangan online, memang tidak mudah mempertahankan algoritma akun jualannya bahkan untuk pindah ke platform lain tentunya akan dapat menyita waktu,tenaga dan juga pikiran karena setiap platform memiliki “Cara bermain” yang berbeda.
Jika kita perhatikan memang sebagian besar UMKM fokus pada salah satu platform yang memang sudah menjadi core dia berjualan entah pada platform ecommerce maupun pada platform social ecommerce seperti TikTok.
Lalu bagaimana langkah UMKM ke depan untuk menghadapi keadaan ini?
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti sebagai berikut:
Pertama, optimalkan promosi multi platform
Fokus terhadap satu Channel pemasaran memang menjadikan tantangan serta peluang tersendiri, jika UMKM fokus pada satu platform memang dari sisi algoritma akun usahanya akan terbangun karena konsistensinya.