Etika adalah suatu sikap dan prilaku yang menunjukan kesanggupan seorang secara sadar dan mentaati norma yang berlaku didalam suatu kelompok atau organisasi.
Sedangkan organisasi ialah kumpulan individu yang memiliki tujuan yang sama.
Dalam etika berorganisasi sangat menekankan pada suatu prilaku seperti sikap jujur, rajin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaanya bro jadi kalo kamu tidak jujur berarti kamu tidak memilik etika dalam suatu bisnis hehe.
Yuk seperti judul yang diatas dimana kita bisa naik jabatan apabila mempunyai beberapa etika bisnis yang bagus kita langsung simak aja ya.
1. Dahulukan yang utama/ penting
Mendahulukan yang utama adalah bagaimana menentukan prioritas dan mengatur waktu dengan baik, sehingga yang penting didahulukan dan sebaiknya tidak ditunda dalam melaksanakannya.
Karena dalam lingkungan organisasi, didalamnya terdapat banyak hal yang harus diselesaikan.Maka sudah seharusnya anggota organisasi tersebut dapat menentukan skala prioritas, yang mana yang utama dan perlu didahulukan.
Mendahulukan yang utama artinya mengorganisasikan dan melaksanakan, apa-apa yang telah diciptakan secara mental (tujuan Anda, visi Anda, nilai-nilai Anda, dan prioritas-prioritas Anda).Hal-hal sekunder tidak didahulukan.
Hal-hal utama tidak dikebelakangkan. Individu dan organisasi memfokuskan perhatiannya pada apa yang paling penting, entah mendesak entah tidak. Intinya adalah memastikan diutamakannya hal yang utama.
2. Memberikan solusi dalam setiap masalah dan tidak egois
Berpikir menang adalah cara berpikir yang berusaha mencapai keuntungan bersama, dan didasarkan pada sikap saling menghormati dalam semua interaksi. Berpikir menang/menang artinya tidak berpikir egois (menang/kalah).Dalam kehidupan bekerja maupun keluarga, para anggotanya berpikir secara saling tergantung – dengan istilah “kita”, bukannya “aku”.