Mohon tunggu...
Muhamad Ridwan
Muhamad Ridwan Mohon Tunggu... Lainnya - Biasa-biasa Saja, Hanya sekedar Hobby

Menulis adalah jendela jiwa yang terbuka untuk dunia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Stakeholders dalam Bisnis: Siapa Saja dan Apa Peran Mereka?

26 Februari 2024   01:25 Diperbarui: 26 Februari 2024   01:29 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Gamabar: pexels.com/search/stakeholder/)

Stakeholders dalam Bisnis - Dalam dunia bisnis, Stakeholders atau pemangku kepentingan adalah pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap suatu perusahaan dan dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis tersebut. Stakeholders dapat berasal dari dalam maupun luar perusahaan, dan memiliki peran yang berbeda-beda dalam mendukung atau mengkritik keputusan dan kinerja perusahaan.

Stakeholders internal adalah pihak-pihak yang secara langsung terlibat dalam operasi perusahaan, seperti pemilik, pemegang saham, dan karyawan. Stakeholders internal memiliki hak dan tanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi jalannya bisnis, serta mendapatkan manfaat dari keberhasilan perusahaan. Stakeholders internal juga harus mempertimbangkan kepentingan stakeholders eksternal dalam membuat keputusan bisnis.

Stakeholders eksternal adalah pihak-pihak yang tidak secara langsung terlibat dalam operasi perusahaan, tetapi memiliki hubungan atau ketergantungan dengan perusahaan, seperti pelanggan, pemasok, kreditur, komunitas, dan pemerintah. Stakeholders eksternal dapat memberikan masukan, saran, dukungan, atau kritik terhadap perusahaan, serta mempengaruhi reputasi dan citra perusahaan di mata publik. Stakeholders eksternal juga dapat menuntut perusahaan untuk memenuhi standar etika, hukum, dan lingkungan dalam menjalankan bisnis.

Peran stakeholders dalam bisnis sangat penting, karena mereka dapat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan semua stakeholders, serta memenuhi harapan dan kebutuhan mereka sebaik mungkin. Perusahaan juga harus melakukan analisis stakeholders secara berkala untuk mengidentifikasi siapa saja stakeholders utama, apa kepentingan dan dampak mereka, serta bagaimana cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka secara efektif. Stakeholders dalam Bisnis 

Referensi:

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun