Mohon tunggu...
Muhamad Mahfudin
Muhamad Mahfudin Mohon Tunggu... Guru - Berlajar - Berkarya - Berbhakti "Sak Obahe"

Saya Guru PJOK di Yayasan Ulil Albab Kebumen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PPKG PJOK, Refleksi Modul 2.1 sampai 2.5

29 Juli 2024   23:22 Diperbarui: 30 Juli 2024   08:11 724
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta PPKG PJOK 2024Kelas 28 BBGP Jawa Tengah

Refleksi 

"Penilaian Kebermaknaan Refleksi Ketrampilan Mengajar PJOK yang Berpusat Pada Peserta DIdik"


Bentuk Refleksi : ( What?, So What ?, No What?)

  1. WHAT?

Minggu, 21 hingga 28  Juli 2024 saya berada di Balai Besar Guru Penggerak ( BBGP) Provinsi Jawa Tengah yang terletas di kecamatan Gandurejo, Kabupaten Karanganyar. Saya bersama 18 teman dari Kebumen serta 300an peserta dari beberapa kabupaten di Jawa Tengah belajar materi tentang Program Peningkatan Keprofesian Guru ( PPKG) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ). 

Beberapa kegiatan inti yakni belajar mulai Modul 2.1 hingga 2.5 secara langsung dan luar bisa mulai belajar membaca cepat, mind map secara individu maupun kelompok. 

Pada saat sebelum mempelajari Modul ini, saya mengajar di sekolah masih menggunakan model klasik dan konvensional yang cenderung membosankan. Khususnya tentang model mengajar, prisip mengajar hingga strategi dalam proses pembelajaran. Model yang saya gunakan sebelumya cenderung statis dan serba keterbatasan, jika tidak mempunyai alat atau keterbatasan fasilitas maka saya mengajar apa adanya dan membiarkan siswa bergerak tanpa tujuan yang spesifik. Sehingga dalam proses pembelajaran PJOK, ketrampilan motorik, kofnitif dan sosial siswa kurang dioptimalkan. 

Modul yang dipelajari dalam Tatap Muka PPKG PJOK ini diantaranya tentang ketrampilan mengajar yang efektif, strategi pembelajaran yang beragam, prinspin pembelajaran, konsep tubuh, model pendidikan gerak dan kebugaran dan Sport Education Model atau SEM. 

Modul diantaranya yang dipelajari adalah: 

  1. Modul 2.1 "Ketrampilan Mengajar PJOK yang Efektif". Dalam Modul ini saya belajar tentang menganalisis waktu dalam video yang telah saya buat sebelumnya, Al hasil saya belajar tentang pentingnya model pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi yang baikn dan jelas serta penggunaan berbagai macam metode pembelajaran terutama dalam pemanfaat waktu yang ada. 

  2. Modul 2.2 " Strategi Mengajar PJOK". Modul ini membuka wawasan tentang bagaimana strategi guru dalam mengajar PJOK dengan pronsip berpihak pada peserta didik, menyenangkan dan bermakna. 

  3. Modul 2.3 " Model Pendidikan Gerak". Dalam modul ini saya belajar tentang konsep tubuh yang meliputi konsep ruang, konsep gerak, konsep keterhubungan, dan konsep usaha. 

  4. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun