Mohon tunggu...
Muhamad Mahfudin
Muhamad Mahfudin Mohon Tunggu... Guru - Berlajar - Berkarya - Berbhakti "Sak Obahe"

Saya Guru PJOK di Yayasan Ulil Albab Kebumen

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

1.6.e - Refleksi - Perencanaan Pembelajaran PJOK

9 Juli 2024   03:37 Diperbarui: 9 Juli 2024   03:40 529
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Setelah mempelajari modul ini pencapaian apa yang Ibu/Bapak dapatkan?

Setelah mempelajari modul ini pencapaian apa yang Ibu/Bapak dapatkan  adalah ilmu pengetahuan baru dari bebagai referensi yang termuat darlam modul 1.6 ini yakni Perencanaan Pembelajaran PJOK. Guru PJOK harus mafaslitiasi pembelajaran dengan baik serta berpihak pada murid. Peserta didik mendapatkan pelayanan secara efektif, bermakna, menyenangkan dan reflektif. Penyelarasan (Alignment) pembelajaran PJOK dengan standar dan kurikulum yang berlaku  dalam menyusun proses perangkat pembelajaran yang baik disesuaikan dengan pendekatan backward design. 

Dalam pembelajaran PJOK pengembangan kurikulum adalah bagian dari proses adaptif dalam transformasi pendidikan itu sendiri. Sebagai guru PJOK seharusnya memiliki kompetensi pedagogik dan profesional secara baik dan mumpuni. Kedua kompetensi ini sangat berperan penting dalam pengembangan kurikulum PJOK. Dalam implementasinya, pengembangan kurikuu PJOK ini tetap mengacu kepada kondisi karakteristik peserta didik dalam kurikulum merdeka yaitu peningkatan soft skill dan karakter, fokus paad esensi  materi yang ada serta kegiiatan yang diterima dengan baik oleh peserta didik sebagai perwujudan pembelajaran berdifferensiasi.

Dalam merancang susunan program PJOK harus mengacu pada dimensi CP ( Capaian Pembelajaran) dengan lebih mengutamakan materi-materi esensial untuk kemampuan pemahaman dan ketrampilan peserta didik.  Kemampuan pengetahuan, afektif, psikomotorik menjadi tumpuan kemampuan yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran PJOK.  Membuat pembelajaran semakin asyik diminati oleh peserta didik  dengan memanfaatkan aset yang ada seabgai daya dukung optimalisasi proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Mata Pelajaran PJOK sebagai mapel ekslusif harus bisa memberikan bekal yang baik  untuk kecakapan hidup, pembelajaran PJOK harus disusun dengan baik untuk menanamkan ketrampilan sepanjang hayat bagi pesrta didik, sebagaimana pentingnya pemahaman tentang kebugaran jasmani serta menerapkan pola hidup sehat. Peserta didik juga diharapkan mampu memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar tentang betapa pentingnya kesehatan dan kebugaran jamani bagi keberlangsungan hidup di masyarakat. Men sana encor pore sanno, yakni didalam tubuh yang terdapat jiwa yang kuat. 

Dari Proses pembelajaran ini saya merasa sangat senang mendapatkan penguatan yang cukup baik dan tentunya saya bersyukur bisa belajar  di modul ini. Disini saya mendapatkan bagaimana peran saya menjadi salah satu peran transformasi pendidikan. Dengan hal tersebut, saya lebih yakin bawa saya terus lebih teliti untuk melihat aspek yang perlu dikembangkan dalam perencanaan pembelajaran PJOK yang berpusat pada peserta didik secara efektif, bermakna, menyenangkan dan reflektif.

Hal apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Ibu/Bapak dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran?

Hal apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Ibu/Bapak dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran PJOK adalah dasar kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial ( 4 hal) sebagai  pendidik. Dari empat hal tersebut saya yakin bisa meningkatkan untuk menjadi tenaga pendidik yangdapat menuntun lajunya murid, membersamai dengan penuh kesenangan menuju kemerdekaan belajar sebagai wujud implemtasi profil pelajar pancasila.

Dalam hal penguasaaan IT, saya memiliki kemampuan operasional aplikasi pendukung pembelajaran mulai google workspace, canva, capcut dan aplikasi lainnya. Hal tersebut juga bisa menggunakan google form, jamboard, padlet dan quizziz sebagai aplikasi assesment peserta didik yang cukup asyik serta menyenangkan.

Kekuatan yang lain adalah saya memiliki ketrrampilan menjalin kolaborasi dalam hal peningkatan kompetensi. Berdiskusi dengan rekan sejawat di sekolah dalam peningkatan kompetensi, berbagi praktik baik menggunakan beberapa apllikasi serta model pembelajaran berbasis IT.

Hal yang menjadi kelemahan saya dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran PJOK adalah saya  kurang optimal dan kurang teliti dalam mengelola dan menyusun program pembelajaran PJOK. Mengelola pembelajaran dengan baik menjadi tantangan tersendiri, kelas 1 SD dengan penuh keberagaman yan tidak bisa mandiri untuk mengikuti secara sistematis menjadi  titik kelemahan saya dalam mengkondisikan prosess pembelajaran agar berjalan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun