Mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya Kelompok 172 mengadakan pelatihan marketing untuk membantu meningkatkan kemampuan pemasaran pelaku UMKM, Desa Gunung Tandala, Minggu (31/7/2022).
Di masa pandemi Covid-19 ini, memasarkan suatu produk sangat diperlukan agar diminati pelaggan dan usaha tetap berjalan. Seperti cara mengambil poto agar terlihat menarik, kemudian mempromosikan produk secara online maupun offline dan menyesuaikan harga jual yang menguntungkan bagi pelaku usaha.Â
Salah satunya di Desa Tandala Kecamatan Kawalu yang masih mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat.Â
Oleh karena itu, mahasiswa UPI 172 yang melaksanakan KKN UPI mengadakan program kerja tentang " Pelatihan Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Gunung Tandala Oleh Mahasiswa KKN UPI Kampus Tasikmalaya ''. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana cara untuk memperluas pemasaran produk pelaku UMKM,serta memanipulasi marketing yang baik.
Berikut paparan mahasiswa dalam melaksanakan program kerja pelatihan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM Gunung Tandala oleh mahasiswa KKN UPI 172 yaitu para pegiat UMKM antusias dalam mengikuti pelatihan strategi marketing sehingga memotivasi pegiat UMKM untuk dapat melakukan pemasaran melalui media sosial dengan memnafaatkan teknologi yang berkembang dalam penjualan produk seperti dalam Facebook, Instagraam, Shopee dan sebagainya supaya produk tersebut dapat mencakup pemasaran yang lebih luas.
Berharap dengan diadakannya program pelatihan strategi marketing produk UMKM Gunung Tandala ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh para pelaku usaha UMKM dalam memasarkan produknya " ujar Muhamad Lutfi Nur Alam ".
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H