Pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mencetak kader bangsa agar menjadi anak-anak yang cerdas, di era industri  4.0 ini menjadi tantangan bagi pendidik dalam dunia pendidikan. Banyak terjadi pada saat ini anak-anak Indonesia minim literasi, dalam mengatasi hal semacam ini inovasi dan kreatifitas guru sangat penting untuk menunjang siswa untuk bisa membaca dan menulis.
Salah satunya anak-anak kebanyakan belum memahami huruf-huruf dasar misalnya huruf-huruf Indonesia dan huruf-huruf Hijaiyyah, tuntutan bagi guru untuk mengajarkan dan mengenalkan membaca sejak dini sangat penting dilakukan karena anak-anak setelah naik ke jejang sekolah dasar anak-anak dituntut harus sudah bisa membaca.
inilah yang menjadi tantangan guru untuk menggembleng siswanya agar  tidak buta huruf dikemudian hari.
inovasi saya dari  Tim KKN Mdr Sanskara IPMAFA Pati melakukan "Pelatihan Pembelajaran Membaca, Mengenal, dan Menulis Huruf Indonesia dan Huruf Hijaiyyah" yang saya lakukan pada 20/08/2021 bertujuan mengenalkan kembali pada anak tentang huruf-huruf dasar pada dasarnya anak-anak lebih memahami huruf-huruf yang sudah di kombinasi karena yang diajarkan disekolah terlalu cepat sehingga anak kurang begitu memahami huruf-huruf dasar.
pelatihan pembelajaran ini saya lakukan 2 Kali Pertemuan, mengingat masih masa Pandemi Covid-19 saya melakukannya dengan menggunakan protokol kesehatan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H