Muhamad Fatih akbar
Muhamad Fatih akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

be agent of change

Ilmu Sosbud

KKL International PBA UMY 2024

29 Januari 2024   18:47 Diperbarui: 29 Januari 2024   18:55 85
Hari pertama di jewel changi airpot singapura/dok. pri

mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab angkatan 2020 melakukan kegiatan kuliah kerja lapangan international di dua negara yaitu singapura dan malaysia, kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 9 januari 2024- 13 januari 2024. kegiatan ini adalah salah satu program wajib di program studi pendidikan bahasa arab universitas muhammadiyah yogyakarta untuk syarat kelulusan wisuda.

selasa, 9 januari 2024 hari pertama keberangkatan mahasiswa PBA UMY angkatan 2020 bersama dosen pembimbing akademik menuju singapura. berangkat mulai dari gd. KH.Ibrahim jam setengah 4 pagi menuju bandara YIA (Yogyakarta International Airport) setiba di bandara. kami bergantian ada yang sarapan dan ada juga yang menuaikan sholat subuh sebelum melakukan check in bersama-sama,setelah melakukan check in dan mendapatkan tiket boarding pass semua kami langsung menuju tempatlobby sambil menunggu pesawat yang akan kami tumpangi. kami take off pesawat dari yogyakarta menuju singapura menempuh waktu selama 2 jam, setiba di bandara changi airport singapura. kami disambut oleh 2 orang tour guide yaitu oma dan bang azhar. selama di singapura kami diarahkan oleh oma menuju tempat jewel yang masih di kawasan changi airport. tempat tersebut merupakan icon di sekitar kawasan changi airport yang memiliki makna dunia bertemu singapura. kami berlanjut menuju patung merlion merupakan patung yang berbadan ikan dengan kepala singa. patung tersebut memiliki cerita sebelum menjadi negara singapura dulunya tempat nelayan dan disana kami melihat tiga gedung yang diatasnya ada kapal atau disebut marina bay sands, icon ini banyak diketahui semua orang karena desain bangunan yang maistream. lanjut kami menuju masjid melakukan sholat jamak taqdim dan ke restoran makan khas arab seperti nasi briyani dengan ayam dan daging sapi penuh dengan kuah yang banyak. lalu kami melanjutkan perjalanan menuju garden bay yang merupakan tempat iconik juga terdapat pohon raksasa dan tanaman yang indah. Kami melanjutkan perjalanan menuju tempat universal studio singapura disana kami hanya foto-foto sekitar bola dunia tidak masuk ke dalam yang terdapat banyak wahana karena membayar lagi. Selanjutnya kami menuju tempat pembelian oleh-oleh dari singapura seperti pakaian,gantungan kunci, dan aksesoris lainnya karena setalah dari situ kami langsung menuju Malaysia. Tak terasa kami belanja oleh-oleh selama dua jam, tiba saatnya kami harus meninggalkan singapura dan di pertengahan jalan juga kami harus berpisah dengan tour guide kami yaitu omah beliau yang meenemani kami selama di singapura dengan kasih sayang layaknya cucu sendiri dan energik walaupun di usia yang sudah lansia. Setelah itu kami menempuh perjalanan selama 5 jam menggunakan bis menuju hotel di Malaysia sekitar pusat kota kuala lumpur, dan kami tiba di hotel pada jam tengah malam. Lalu kami beristiraha untuk melanjutkan agenda besok kunjungan ke kampus USIM.

Rabu, 10 januari 2024 hari kedua

Pagi hari di Malaysia menyambut kami dengan udara yang segar dengan semangat membara, sebelum berangkat kami sarapan terlebih dahulu dan setelah itu kami menuju kampus usim menempuh perjalanan selama kurang lebih 40 menit. Tiba dikampus usim kami disambut oleh mahasiswa-mahasiswi usim  dan diarahkan ke tempat seperti meeting room. Setelah itu acara dimulai dipandu oleh mc dari mahasiswa usim, pembacaan ayat suci alquran, sambutan  dari ketua kkl kami yaitu Azzam,lalu sambutan dari dpa kami ustazah fitri, dan dosen dari usim yaitu dokto cik mad. Setelah itu dilanjut dengan penampilan dari usim yaitu menyanyi setelah itu penampilan dari mahasiwi umy yaitu menampilkan menyayii juga. Setelah itu dilanjut dengan sharing session yang di sampaikan oleh dzaki selaku mahasiswa dari umy. Yaitu menyampaikan batik khas Indonesia lalu dilanjut dengan presentasi hasil penelitiannya. Seteah itu penyampain juga dari mahasiswa usim tentang kampus usim dan jurusannya. Setelah itu sebelum acara di tutup ada penampilan pencak silat seni tunggal baku putra dari mahasiwa umy dan berkolaborasi dengan mahasiswa usim dengan adu seni tarung dengan sangat meriah. Lalu diakhir dengan penutup. Setelah penutupan kami menuju ruang terbuka untuk melakukan foto Bersama dan berpamitan untuk melanjutkan perjalanan menuju putra jaya. Tiba di putra jaya kami melakukan sarapan setelah itu menuaikan sholat jamak taqdim setelah itu melakukan foto-foto disana terdapat masjid besar seperti masjid istiqlah di Indonesia tpi ini hanya versi dimalaysia lalu ada turis2 non muslim yang berkunjung ke masjid dengan diberikan pakain penutu seperti jubah besert kupluknya bisa digunakan untuk laki-laki dan perempuan. Setelah dari sana kami menuju tanah merdeka terdapat bangunan jajahan inggris yang masih ada. Setelah itu kami menuju masjid untuk menuaikan sholat magrib dan isya kami dilkukan dengan jamak yang tidak jauh dengan Menara kembar petronas. Setelah sholat kami menuju Menara petronas dengan suasana malam yang indah dengan pancaran-pancaran cahaya putih digedung tersebut setelah itu kami menuju restoran untuk makan malam setealh itu menuju hote untuk beristirahat untuk agenda esok hari.

Hari ketiga  kamis  11 januari 2024

Di hari ketiga ini kami berkunjung ke kampus uitm yang letaknya di shah alam, tiba di kampus uitm kami disambut oleh dosen dosen dari uitm terutama doctor amin, sebelumnya kawan kami pernah melakukan magang disana kurang lebih 1 bulan. Di kampus uitm kami bertemu Kembali dengan kakak-kakak dari uitm yaitu bang aidil,bang muhaimin dan kak zarifah mereka sebelumnya pernah ke umy melakukan magang internsip selama 1 semester. Kami menuju ruang auditorium uitm melakukan sharing session yang diisi oleh dpa kami yaitu ustazah fitri menyampaikan tentang Arabic for tourism di Indonesia. Setelah penjelasan banyak sekali antusias antusias dari dosen uitm tentang  penjelasan  tersebut . setelah melakukan penjelasan acara sebelum ditutup ada penampilan dari umy yaitu musical drama lalu bernyayi.lalu ada penampilan juga debat Bahasa arab dari mahasiswa uitm dengan Bahasa yang fasil lancer dan sangat menarik. Setelah acara selesai sebelum melanjutkan perjalalan kami sarapan terlebi dahulu di uitm setelah itu melanjutkan perjalanan menuju masjid untuk melakukan sholat. Setelah sholt melanjutkan perjalanan menuju. Istana kesultanan yang megah dan dan ada penjaganya. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju tempat pembuatan alquran di Malaysia disana kami diajak ketempat kisah nabi Muhammad dari sejak lahir sampai wafat sesuia perjalanannya.

Hari keempat, jumat 12 januari 2024

di agenda ini kami akan bertemu dengan alumni pba yang S2 di kampus Malaysia dan diterima menjadi guru di mahad yang ada di Malaysia. Disana kami melakukan sharing session Bersama alumni yaitu ka nuha. Ka nuha menceritkana perjalanannya sampai di Malaysia mulai dari menjadi mahasiswa dari pba sampai bisa kuliah S2 di UIIM dan menjadi guru di ma`had yang ada di malayasia. Ka nuha juga memberikan motivasi dan tips jika ingin kuliah ke luar negeri. Tak hanya itu  ada sharing session juga dari pengurus Muhammadiyah cabang Malaysia. Disana beliau menceritakan berdiriya Muhammadiyah cabang Malaysia yang digunakan untuk para pekerja Indonesia agar menyempatkan untuk belajar. Setelah kami berkunjung ke sekolah cabang Muhammadiyah di Malaysia dan bertemu alumni pba. Kami melanjutkan sholat jumat masih di kota kuala lumpur. Lalu setelah itu kami sarapan dan melanjutkan membeli oleh-oleh di tempat pabrik coklat setelah itu menuju pasar seni  tempat pembelian oleh-oleh seperti baju,aksesoris,dan lain-lain. Tak terasa esok hari kami sudah pulang Kembali ke Indonesia. Dari sore hari -- malam hari kami memilki free time. Ada yang masih mencari oleh-oleh ada yang berenang di lantai atas hotel dan foto-foto sampai terlihat gedung kembar menghidupkan cahaya yang indah dikota Malaysia. Di malam hari para cowok-cowok pergi keluar ingin merasakan naik mrt menuju pasar seni untuk sarapan malam dan berjalan di alor merasakan terkahirnya kami di Malaysia karena esok pagi sudah pulang ke Indonesia