Tanpa kita sadari bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia menyumbang 119,6 juta jumlah tenaga kerja atau setara 96,9 persen. Dilain sisi juga, pertumbuhan UMKM di Indonesia terus meningkat, sebagaimana peningkatan dari tahun 2018 ke 2019 yang meningkat sebanyak 1,98 persen.
Dimana, Indonesia memiliki 65,5 juta unit usaha UMKM pada 2019, dan tahun sebelumnya pada 2018 ada sebanyak 64,2 juta unit. Meski pandemi covid-19 sempat membuat sektor UMKM kolaps, namun dengan bantuan teknologi terhadap penjualan dan pemasaran, UMKM dengan cepat kembali bangkit. Sebagaimana, hasil survei mandiri institut yang menilai 84,8 persen pelaku UMKM sudah mulai menjalankan usahanya secara normal pada Maret-April 2021.
Oleh sebab itu, DPP GMNI menilai pandemi covid-19 menjadi katalis untuk mempercepat tranformasi digital bagi UMKM. Sesuai dengan data yang ditemukan oleh Katadata Insight Center yang menemukan sebanyak 80,6 persen pelaku UMKM merasa terbantu dengan  penggunaan internet, baik media sosial ataupun e-commerce.
Maka, DPP GMNI berinisiatif bekerjasama dengan Shopee Indonesia untuk melakukan pelatihan sekaligus pembinaan untuk mahasiswa yang sudah berkecimpung ataupun tertarik dengan sektor UMKM dan digital marketing.
Agar, produk-produk UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional, dapat berkembang melalui platform digital atau e-commerce sebagai tuntutan perkembangan zaman.
Kawan-kawan yang sudah mendaftar atau akan mendaftar harap isi link http://bit.ly/GMNIxShopee lalu konfirmasi ke contact person yang tertera dalam flyer, untuk yang sudah mendaftar dan belum masuk dalam grup WA harap menghubungi Contact person.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H