Mohon tunggu...
Muhamad Suharbillah
Muhamad Suharbillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Nama saya adalah Muhamad Suharbillah, saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Maret tahun 2004. bertepatan di Kota Jakarta Barat pada hari senin. Saya adalah anak kedua dari dua bersaudara. Saya memiliki hobi bermain video game, menonton film kartun atau anime, dan mendengarkan musik. Terkadang saya juga suka membaca narasi yang menarik, baik melalui media cetak ataupun digital. Untuk aspek akademik saya menyukai mata pelajaran agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, dan ilmu-ilmu sosial. Untuk mata pelajaran yang tidak saya sukai tidak perlu ditanyakan lagi, tidak lain dan tidak bukan ialah matematika. Saya memiliki kepribadian yang aktif secara normal, dengan demikian saya suka bermain dan berkomunikasi dengan teman-teman dekat saya. Saya menyukai topik atau konten yang berkaitan dengan video game. Untuk saat ini, saya hanya menjalani kehidupan biasa layaknya mahasiwa normal. Tidak ada yang dilakukan selain fokus kuliah dan menyelingi aktivitas untuk menjalani hobi. Saya mengawali Pendidikan sekolah dasar pada tahun 2010, bertepatan di SDIT Darul Athfal. Pasca lulus jenjang sekolah dasar, saya melanjutkan jenjang SMP di sekolah MTsN 12 Jakarta pada tahun 2016. Pada tahun 2019, saya berhasil memasuki jenjang SMA, tepatnya di SMAN 16 Jakarta. Dalam jenjang SMA ini saya mulai aktif pada ekstrakulikuler, saya mengikuti ekstrakulikuler Bahasa Jepang dan Rohani Islam, bahkan pada tahun kedua SMA saya menjadi pengurus inti dari kedua ekstrakulikuler tersebut. Pada ekstrakulikuler Bahasa Jepang saya berperan sebagai sekertaris dan menyambi sebagai wakil ketua, sementara pada ekstrakulikuler Rohani Islam saya berperan sebagai ketua salah satu divisi dalam ekstrakulikuler tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Penulisan Teks Deskripsi Melalui Penggambaran Laptop Lenovo Legion 5 Pro

27 Maret 2023   18:59 Diperbarui: 27 Maret 2023   19:03 1442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Halo sobat pembaca, pada artikel kali ini saya akan memaparkan sebuah teks deskripsi mengenai sebuah laptop kelas atas dari pabrikan Lenovo, yakni Legion 5 Pro. Sebelum memulai narasi utama, saya akan menjelaskan secara singkat terlebih dahulu apa itu teks deskripsi. Dikutip dari buku Menulis Secara Populer karya Ismail Marahimin, deskripsi memiliki makna pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda, tempat, suasana, atau kedaaan. 

Dari penjelasan tersebut, teman-teman pembaca pasti sudah mengerti mengapa artikel ini berjudul teks deskripsi. Ya, karena pada artikel ini saya akan menulis sebuah narasi yang menggambarkan suatu benda, yakni Laptop Lenovo Legion 5 Pro.

Berikut adalah narasi dari teks deskripsi mengenai Laptop Lenovo Legion 5 Pro.

Laptop ini memiliki ukuran layar sebesar 16 inci. Bahan untuk bagian LCD cover dan LCD mask dari laptop ini terbuat dari aluminium . Laptop ini memiliki warna silver doff dengan tambahan logo khas Legion di tengahnya. Pada bagian LCD mask, terdapat kamera yang tepat berada di tengah atas. 

Pada bagian top assy laptop ini terdapat beberapa elemen, diantaranya adalah keypad yang terbuat dari bahan plastik solid, tombol power yang berada di bagian tengah atas, touchpad pada bagian bawah yang sedikit condong ke kiri, logo produk Lenovo pada sudut kanan bawah, serta empat buah stiker yang menandakan spesifikasi CPU dan GPU dari laptop ini pada baagian sudut kiri bawah.

Kemudian untuk bagian base assy dari laptop ini terbuat dari bahan plastik polymer berwarna hitam. Pada sisi kanan laptop terdapat port untuk USB type-A 3.2in1 dan camera switch. Lalu pada sisi kiri laptop terdapat port untuk USB type-C 3.2 Gen 2 dan combo jack 3.5 mm. Kemudian pada sisi belakang laptop yang sejajar dengan semua fitur tadi, terdapat berbagai jenis port. Diantaranya adalah port untuk LAN, USB type-C, dua USB type-A Gen 1, USB type-A Gen 1 always on dan port DC-IN.

Laptop ini juga memiliki banyak lubang pada bagian bawahnya, lubang tersebut berfungsi untuk sirkulasi udara yang membuat laptop tetap dalam kondisi dingin dan stabil. Jika dibedah untuk melihat bagian dalamnya, terdapat baterai yang melintang memenuhi panjang dari laptop tersebut pada posisi paling bawah. 

Sedikit di atas baterai, terdapat dua buah slot SSD NVMe yang terletak pada sudut ujung kanan dan kiri. Di antara dua buah slot SSD NVMe tersebut, juga terdapat dua buah slot RAM sodimm dengan tipe DDR5 yang dilapisi oleh pelindung berbahan polycarbonate. Kemudian, untuk posisi teratasnya terdapat dua buah kipas dengan empat heatpipe yang didukung oleh teknologi Legion Coldfront 3.0.

Sekian untuk artikel hari ini mengenai teks deskripsi. Jika terdapat kekurangan dan kesalahan dari penulisan diatas, mohon untuk memberi koreksi melalui laman komentar. Cukp sampai disini dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun