Mohon tunggu...
Muhammad Alul Rahmatullah
Muhammad Alul Rahmatullah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Social Emotional Learning (SEL)

19 Januari 2025   00:13 Diperbarui: 19 Januari 2025   00:13 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

**Social Emotional Learning (SEL)** adalah proses di mana individu belajar untuk memahami dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan yang positif, membuat keputusan yang baik, dan mengatasi tantangan secara efektif. SEL mengajarkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk berkembang dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Tujuh kompetensi inti SEL yang diakui oleh banyak organisasi di antaranya adalah:
1. **Kesadaran Diri**: Mengidentifikasi dan memahami emosi serta pengaruhnya terhadap perilaku dan keputusan.
2. **Manajemen Diri**: Mengelola emosi, kontrol diri, dan mengatasi stres, kecemasan, atau dorongan impulsif.
3. **Kesadaran Sosial**: Memahami dan menghargai perspektif orang lain, empati, dan kesadaran terhadap konteks sosial.
4. **Keterampilan Relasional**: Membangun hubungan positif dengan orang lain, berkomunikasi secara efektif, dan mengatasi konflik.
5. **Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab**: Membuat keputusan yang bijak dan etis yang mempertimbangkan dampaknya pada diri sendiri dan orang lain.
   
**CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)** adalah sebuah organisasi yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam bidang SEL. CASEL menyediakan kerangka kerja dan sumber daya untuk implementasi SEL di berbagai tingkatan pendidikan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan siswa, mengurangi perilaku negatif seperti perundungan, dan meningkatkan prestasi akademik.

CASEL mengidentifikasi lima kompetensi sosial dan emosional utama yang membentuk dasar dari pengembangan SEL:
1. **Self-awareness (Kesadaran Diri)**: Kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi serta pengaruhnya terhadap perilaku.
2. **Self-management (Manajemen Diri)**: Kemampuan untuk mengelola emosi, mengendalikan dorongan, dan mengatasi tantangan dengan cara yang sehat.
3. **Social awareness (Kesadaran Sosial)**: Kemampuan untuk memahami perspektif orang lain, menunjukkan empati, dan menghargai perbedaan.
4. **Relationship skills (Keterampilan Relasional)**: Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan produktif dengan orang lain.
5. **Responsible decision-making (Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab)**: Kemampuan untuk membuat keputusan yang mendukung kesejahteraan diri sendiri dan orang lain.

CASEL berperan penting dalam mengembangkan program-program SEL di sekolah, mendukung para pendidik dengan pelatihan, alat evaluasi, serta pedoman untuk menerapkan SEL secara efektif. Fokus CASEL adalah menciptakan budaya sekolah yang mendukung pembelajaran sosial dan emosional yang berdampak, tidak hanya pada prestasi akademik siswa tetapi juga dalam membentuk karakter dan keterampilan hidup mereka.

### Perbedaan antara SEL dan CASEL:
- **SEL** adalah konsep dan pendekatan yang lebih luas, mencakup berbagai kegiatan dan kurikulum untuk mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa.
- **CASEL** adalah sebuah organisasi yang memberikan pedoman, kerangka kerja, dan dukungan untuk mengimplementasikan SEL secara efektif di berbagai lembaga pendidikan. CASEL berperan sebagai pemimpin dalam penyebaran praktik SEL yang berbasis penelitian dan telah terbukti efektif.

Jadi, SEL adalah praktik yang diterapkan di sekolah, sedangkan CASEL adalah organisasi yang memberikan arah dan sumber daya untuk implementasi yang lebih luas dan terstruktur.Tentu! Berikut penjelasan lebih lanjut tentang **SEL** dan **CASEL**, serta bagaimana keduanya saling berhubungan dan diterapkan di dunia pendidikan.

### SEL (Social Emotional Learning):
Social Emotional Learning (SEL) berfokus pada pengembangan keterampilan yang membantu individu dalam mengelola diri mereka sendiri, berinteraksi dengan orang lain, dan menghadapi tantangan hidup. SEL tidak hanya berhubungan dengan aspek emosional, tetapi juga mencakup aspek sosial yang esensial untuk meningkatkan kualitas hidup.

Komponen utama SEL adalah:
1. **Kesadaran Diri (Self-awareness)**: Membantu individu mengenali emosi mereka dan memahami bagaimana perasaan mereka mempengaruhi tindakan dan hubungan.
2. **Manajemen Diri (Self-management)**: Mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan emosi, menetapkan tujuan pribadi, mengatasi stres, dan tetap tenang dalam situasi yang penuh tantangan.
3. **Kesadaran Sosial (Social awareness)**: Memahami perspektif orang lain, memiliki empati, dan menunjukkan penghargaan terhadap perbedaan budaya, sosial, atau latar belakang.
4. **Keterampilan Relasional (Relationship skills)**: Membangun kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, mendengarkan, berkolaborasi, dan menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat.
5. **Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible decision-making)**: Kemampuan untuk membuat pilihan yang bijak dan etis, mempertimbangkan dampaknya terhadap diri sendiri dan orang lain.

Penerapan SEL dalam kelas atau sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa, yang pada gilirannya berdampak pada prestasi akademik, hubungan yang sehat, dan kesejahteraan psikologis siswa.

### CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning):
CASEL adalah organisasi non-profit yang mengedepankan penerapan SEL di seluruh sistem pendidikan. Organisasi ini mengembangkan dan mempromosikan kerangka kerja yang mendukung pengajaran SEL di sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan hasil akademik dan sosial siswa.

**CASEL's Framework**:
CASEL telah mengembangkan **"CASEL 5"** yang merujuk pada lima kompetensi utama SEL yang harus diajarkan di sekolah:
1. **Self-awareness**: Mengenali dan memahami emosi serta bagaimana perasaan mempengaruhi tindakan.
2. **Self-management**: Mengelola emosi, mengatur diri, dan mengatasi tantangan dengan cara yang konstruktif.
3. **Social awareness**: Memahami perasaan dan perspektif orang lain serta menghargai keberagaman.
4. **Relationship skills**: Membangun hubungan yang positif, berkomunikasi efektif, dan menyelesaikan konflik.
5. **Responsible decision-making**: Membuat keputusan yang mempertimbangkan efeknya pada diri sendiri dan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun