Mohon tunggu...
MUHAIMIN ABDULLAH
MUHAIMIN ABDULLAH Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 BOLO Kabupaten Bima NTB

Jaga Semangat Perbaiki Diri.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memenuhi Kebutuhan Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

6 November 2023   20:01 Diperbarui: 6 November 2023   20:19 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah upaya menyesuaikan proses pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar  setiap individu peserta didik  dengan berdasar pada serangkaian keputusan yang masuk akal.

Pembelajaran Berdiferensiasi juga dapat didefinisikan sebagai proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai  dengan kemampuan , apa yang disukai dan kebutuhannya masing-masing sehingga mereka tidak frustasi dari merasa gagal dalam pengalaman belajarnya (Breaux dan Magee, 2010; Fox dan Hoffman, 2011; Tomlinson, 2017).

Ciri-ciri Pembelajaran Berdiferensiasi

1. Berorientasi pada kebutuhan belajar muridPembelajaranmuridPembelajaran

2. Berdasarkan pada keputusan yang masuk akal

3. Pembelajaran siswa aktif

4. Terdapat penilaian berkelanjutan

5. Manajemen kelas efektif

6. Evaluasi kesiapan diakomodir dalam kurikulum

Cara Menerapkan di Kelas

1. Menetapkan tujuan pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun