Pembelajaran Berdiferensiasi adalah upaya menyesuaikan proses pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar  setiap individu peserta didik  dengan berdasar pada serangkaian keputusan yang masuk akal.
Pembelajaran Berdiferensiasi juga dapat didefinisikan sebagai proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai  dengan kemampuan , apa yang disukai dan kebutuhannya masing-masing sehingga mereka tidak frustasi dari merasa gagal dalam pengalaman belajarnya (Breaux dan Magee, 2010; Fox dan Hoffman, 2011; Tomlinson, 2017).
Ciri-ciri Pembelajaran Berdiferensiasi
1. Berorientasi pada kebutuhan belajar muridPembelajaranmuridPembelajaran
2. Berdasarkan pada keputusan yang masuk akal
3. Pembelajaran siswa aktif
4. Terdapat penilaian berkelanjutan
5. Manajemen kelas efektif
6. Evaluasi kesiapan diakomodir dalam kurikulum
Cara Menerapkan di Kelas
1. Menetapkan tujuan pembelajaran