Mohon tunggu...
muh ilhamsyahrir
muh ilhamsyahrir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

nama panggilan saya ilham saya tinggal di kota kolaka tepatnya di provinsi sulawesi tenggara kab. kolaka. saya lahir dan besar di kolaka, pendidikan saya sd sampai mts saya di kolaka, setelah tamat mts masuk aliyah saya melanjutkan pendidikan saya di sulawesi selatan di kota sengkang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

6 Juni 2023   04:58 Diperbarui: 6 Juni 2023   05:47 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.linovhr.com/strategi-pemasaran/

Kepuasan  pelanggan  artinya  taraf  keadaan  yang  dirasakan  seorang  yg  ialah  akibat dari  membandingkan  penampilan  atau outcome produk  yang  dirasakan  pada  hubungannya  menggunakan asa  seorang.  Konsumen      tak  akan  berhenti  hanya  hingga proses  penerimaan  pelayanan.  Konsumen  akan  mengevaluasi  pelayanan  yg  diterimanya  tadi.  yang akan terjadi  dari  proses  evaluasi  itu  akan  membentuk  perasaan  puas  atau  tidak  puas.  Kepuasan  jasa  yang  dirasakan  konsumen  di  dasarnya merupakan tingkat  kepuasan konsumen (customer satisfaction).

Kepuasan pelanggan ialah ukuran buat mengetahui mutu jasa yang ditawarkan serta dapat menaikkan volume penjualan perusahaan. Hal tadi  berarti  Bila  kepuasan  konsumen  tercapai  berarti  pula  mutu  pelayanan  dapat  memenuhi asa konsumen  sebagai akibatnya  menyebabkan  konsumen  melakukan  pembelian  ulang  dan   meningkatkan  jumlah penjualan. berdasarkan uraian di atas maka penulis mencoba buat menganalisis tentang kepuasaan pelanggan dan  tingakat penjualan produk

Kepuasan ialah ungkapan asal perasaan senang atau kecewa seorang yang timbul berasal perbandingan yang akan terjadi kinerja suatu produk dengan harapan yang diyakini tadi (Kotler serta Keller, 2009). Sedangkan Lovelock dan  Wright (2007) mendefinisikan bahwa kepuasan ialah reaksi seorang pascapembelian sebuah produk atau kondisi emosional yg ditunjukkan berupa kemarahan, ketidakpuasan, netralitas, kegembiraan serta kesenangan. sehingga bisa disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan yaitu situasi kognitif pembeli yg berhubungan dengan kesepadanan (kesesuaian/kesenangan) atau ketidaksepadanan (tidak suka ) dari akibat yang diperoleh dengan dibandingkan pengorbanan yg sudah dilakukan (Tjiptono, 2014).

Kotler menyebutkan bahwa kualitas pelayanan artinya suatu proses kerja pada menaikkan serta mempertahankan pemugaran mutu secara berkelanjutan asal proses produksi, sampai pelayanan yg dihasilkan perusahaan (Panjaitan & Yuliati, 2016). Kualitas layanan bisa memotivasi pelanggan buat berkomitmen kepada produk dan  layanan tertentu yg buat menaikkan kinerja perusahaan. buat mempertahankan kualitas layanan, maka kepuasan pelanggan dalah satu faktor penting pada mempertahankan pelanggan yg sinkron dengan kebutuhan pasar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun