Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PMD) Universitas Mataram (Unram) melaksanakan program kerja berupa sosialisasi terkait digital marketing dan packaging. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya (UMKM) di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk memasarkan produk secara lebih efektif di era digital.
Dalam sosialisasi ini, mahasiswa KKN Unram bekerja sama dengan Dinas perindustrian (Ahmad Fauzi Al Idrus, SE, S. Hi) sebagai pemateri membahas tentang pentingnya digital marketing sebagai strategi untuk memperluas jangkauan pasar. Dan juga membahas terkait teknik-teknik pemasaran online yang bisa diaplikasikan oleh pelaku UMKM Desa Teratak, seperti pemanfaatan media sosial, pembuatan konten menarik, dan penggunaan platform e-commerce.
Selain itu, mahasiswa KKN Unram juga bekerja sama dengan Balai Kemasan (Zahrul Martayadi S.STP) sebagai pemateri, memberikan arahan tentang bagaimana cara menetralisir produk yang berminyak seperti kerupuk dan lainnya yang di goreng menggunakan minyak, dan pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) ketika membuat suatu peroduk. Dan juga memberikan pelatihan mengenai teknik pengemasan (packaging) produk yang menarik dan sesuai dengan standar pasar. Pengemasan yang baik diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk sehingga lebih kompetitif di pasaran.
Program ini merupakan salah satu upaya mahasiswa KKN-PMD Unram untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital dan inovasi dalam pemasaran produk.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H