Murid sekolah dasar adalah murid yang berada pada tahap awal pendidikan formal dan sangat mudah menerima ilmu dimana anak-anak diajarkan tentang pembentukan karakter sesuai etika dan moral yang baik dalam bermasyarakat, dan pemahaman terhadap Ideologi Pancasila sangatlah penting terutama bagi seluruh masyarakat Indonesia, maka dari itu pemahaman ideologi Pancasila perlu diberikan sejak kecil sehingga ketika tumbuh menuju kedewasaan sudah mendapatkann pembekalan terhadap nilai-nilai ideologi Pancasila sehingga tidak akan menyimpang jauh dari nilai-nilai yang terkandung.Â
Taukah anda, murid sekolah dasar merupakan anak bangsa yang akan melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Mengapa membangun pemahaman ideologi Pancasila pada murid sekolah dasar sangat penting? Kita memiliki kewajiban untuk menamkan pemahaman ideologi Pancasila sejak dini, dan memulainya pada anak murid sekolah dasar merupakan hal yang tepat.
Dasar negara sekaligus ideologi itulah Pancasila yang merupakan sumber moral dan perilaku untuk menjalankan kehidupan setiap hari. Namun pada saat ini masih tidak sedikit perilaku anak tidak sesuai dengan nilai yang ada pada ideologi Pancasilaa seperti mereka membeda-bedakan teman yang beda agama, ingin menang sendiri, memandang rendah teman yang berbeda daerah, tidak mau musyawarah, suka berkelahi, dan tidak mau menghargai hasil karya temannya. Â Oleh karena itu sangat penting menamkan ideology Pancasila sejak usi dini terutama pada murid sekolah dasar sehingga ketika mereka tumbuh dewasa kelak akan terbiasa dengan perilaku yang sesuai dengan ideologi Pancasila. Orang tua ketika dirumah dan guru saat disekolahh mempunyai tanggung jawab untuk membantu membangun pemahaman nilai-nilai ideologi Pancasila pada anak terutama ketika disekolah dasar agar dapat tertanam lebih mendalam dalam jiwanya.
Anak yang ditanamkan pemahaman terhadap nilai-nilai ideology Pancasila dini sejak di sekolah dasar akan memiliki sikap dan perilaku yang tidak menyimpang dan selalu berlandasan ideology Pancasila dan juga meiliki akhlak yang moral yang sesuai dengan ideology Pancasila sehingga dapat menjadi harapana bangsa Indonesia, sedaangkan anak yang tidak  diajarakan pemahaman terhadap nilai-nilai ideology Pancasila mungkin suatu saat merekan akan memiliki akhlak dan perilaku yang menyimpang dari ideology Pancasila, seperti akhlak dan moralnnya kurang baik dan ketika mereka diberi pemahaman ketika sudah dalam pertumbuhan menuju dewasa maka mereka akan sulit menerima nilai-nilai ideology tersebut karena tidak ditanamakan sejak usia dini.
Pancasila sebagai falsafah hidup, refleksi moral, atau etika merupakan salah satu jalan yang ditempuh guru di sekolah untuk mencapai pemahaman nilai-nilai yang langgeng  sebagai refleksi etika yang benar-benar berdasarkan aturan. Pembentukan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mulai dari siswa sekolah dasar berkontribusi terhadap pembentukan karakter yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai ideologi Pancasila, sehingga memungkinkan siswa juga ikut berpartisipasi dalam penciptaan negara dan bangsa yang baik.
Selain pendidikan Pancasila di sekolah keluarga juga berperan penting dalam mengajarkan pemahaman terhadapap nilai-nilai ideology Pancasila, Orang tua perlu memanfaatkan perannya sebagai pendidik utama anak-anaknya. Orang tua harus menyampaikan kepada anaknya bahwa mereka harus saling menghargai sebagai makhluk sosial. Dengan menjelaskan bagaimana cara menghargai diri sendiri dan orang yang lebih sederhana dari usia dia, serta orang tua dan orang yang lebih tua darinya. Rephrase Orang tua perlu menjelaskan bagaimana cara menyayangi anak yang lebih kecil, cara menghormati teman sebaya, dan cara menghormati anak yang lebih besar.
Pada Saat Di lingkungan sekolah Pendidikan Pancasila merupakan salah satu metode untuk mendidik dan memberikan pemahaman tentang nilai-nilai ideologi Pancasila, pendidikan Pancasila disekolah diharapakan mampu memberi pelajaran pada perkembangn moral, nilai-nilai, serta sikap dan perilaku dalam bergaul di lingkungan sekolah atau lingkungan sekitar masyarakat. Tujuan pembelajaran Pancasila di SD supaya membekali dan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang hubungan bangsa indoneisa berdasarkan nilai yang ada pada Pancasila.
Pendidikan panacasila sngat penting terutama untuk anak- anak sekolah dasar yang menajadi generasi penerus bangsa Indonesia di suatu masa yang aka datang. Setiap hal yang dilakukan harus di bimbing secara perlahan memahamkan nilai Pancasila dan penerapan Dalam kehidupan setiap hari. Masa sejak anak mengenyam masa pendidikan sampai memasuki sekolah dasar. Pancasila sangatlah perlu untuk diajarkan tentang moral dan perilaku yang sesuai dengan ideology Pancasila, setelah anak murid sekolah dasar mendapatkan pengajaran perihal moral dan perilaku anak akan dapat dengan mudah mernerima dan menerapkana pada kehidupannya setiap hari.
 Nilai di ideologi Pancasila akan diberikan pada murid sekolah dasar serta akan bisa di implementasikan menggunakan banyak cara agar mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar. Model yang seharusnya digunakan pada saat menyampaikan kepada murid sekolah dasar yaitu dengan kata yang digunakan sehari-hari supaya gambpang diterima oleh murid SD, memberikan penjelasan yang singkat, jelas agar mudah diterima, dan mudah untuk dipahami dan dilakukan oleh siswa sekolah dasar saat melakukan pemebelajaran Pancasila. Setelah melakukan tiga hal tersebut siswa akan bisa untuk melakukannya, maka dengan ini siswa akan merasa enjoy pada saat memngikuti pebelajaran Pancasila disekolah tanpa merasa terbebani.
Ada baiknya penanaman nilai-nilai ideology Pancasila pada anak sekolah dasar dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan guna memperkuat karakter dan nilai-nilai yang terkdandung dalam Pancasila. Karakter dan nilai-nilai Pancasila tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran. Aspek psikologis meliputi aspek (perasaan, pikiran dan perilaku individu), aspek kognitif (pemahaman, penalaran, dan pemecah masalah), dan aspek efetivitas (individu yang emosional dan kompeten).
Implementasi nilai-nilai ideology Pancasila dalam pembelajaran Pancasila pada murid sekolah bisa dilakukan dengan mengintegrasikan setiap nilai-nilai Pancasila ke dalam kegiatan pembelajran sehari-hari di sekolah. Berikut adalah contoh implementasi untuk masing-masing nilai Pancasila: Pembelajaran dapat dimulai dengan penghormatan terhadap berbagai keyakinan agama yang ada di kelas, memperkenalkan konsep persamaan dan keadilan melalui cerita atau permainan yang mengajarakan tentang keberagaman dan penghargaan terhadap perbedaan, menyelenggarakan kegiatan yang menekankan pentingnya dan gotong royong, simulasi pemilihan umum dikelas untuk memilih ketua atau perwakilan siswa, mengadakan kegiatan amal atau bakti social yang melibatkan siswa untuk membantu mereka.