Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerbung

Novel Adelia Mutiara dari Daru Bagian ke- 8

29 Desember 2023   14:48 Diperbarui: 29 Desember 2023   15:07 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dokumen Pribadi 

"Buku ini berisi kumpulan cerita inspiratif ."

Bapak Ukon Kosasih tersenyum. "Wah, luar biasa sekali, Adelia. Terima kasih telah mengabadikan kisah-kisah inspiratif ."

Adelia kemudian menjelaskan isi bukunya kepada Bapak Ukon Kosasih. Ia menceritakan tentang kisah-kisah inspiratif yang ada di buku tersebut. Bapak Ukon Kosasih mendengarkan dengan seksama. Beliau tampak sangat antusias.

Setelah itu, Adelia dan rombongannya melakukan wawancara dengan Bapak Ukon Kosasih. Mereka menanyakan tentang pengalaman hidup Bapak Ukon Kosasih, termasuk pengalamannya selama menjadi sesepuh desa. Bapak Ukon Kosasih menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan lancar dan penuh hikmah.

Wawancara berlangsung selama satu jam. Adelia dan rombongannya merasa sangat puas. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan inspirasi dari Bapak Ukon Kosasih.

Sebelum pulang, Adelia dan rombongannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ukon Kosasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Bapak Ukon Kosasih juga mengucapkan terima kasih kepada mereka.

"Semoga bukumu ini bermanfaat bagi banyak orang, Adelia," kata Bapak Ukon Kosasih. "Dan semoga kamu terus berkarya dan memberikan manfaat bagi masyarakat."

Adelia dan rombongannya merasa sangat bahagia. Mereka merasa bahwa kedatangan mereka ke kediaman Bapak Ukon Kosasih adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga.

Nilai-nilai moral

Kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya menghormati orang yang lebih tua. Adelia, seorang  literat datang ke rumah Bapak Ukon Kosasih, seorang sesepuh desa, untuk mempersembahkan karya bukunya. Adelia datang dengan penuh sopan santun dan menunjukkan sikap hormat kepada Bapak Ukon Kosasih.

Kisah ini juga mengajarkan kita tentang pentingnya menghargai pengalaman orang lain. Bapak Ukon Kosasih,  seorang tokoh masyarakat yang disegani. Beliau memiliki banyak pengalaman hidup yang berharga. Adelia dan rombongannya melakukan wawancara dengan Bapak Ukon Kosasih untuk mendapatkan pengetahuan dan inspirasi dari pengalamannya.

Dengan menghargai orang yang lebih tua dan pengalaman orang lain, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerbung Selengkapnya
Lihat Cerbung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun