Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen Religi Kehidupan: Pria Tampan yang Sombong

26 November 2023   08:49 Diperbarui: 26 November 2023   08:52 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar pixabay.com gratis 

Cerpen Religi Kehidupan: Pria Tampan yang Sombong

Oleh: Mugiarni 

Di sebuah desa kecil di Jawa Tengah, hiduplah seorang pemuda bernama Rudi. Rudi adalah seorang pemuda yang cerdas dan tampan, tetapi dia juga sombong dan angkuh. Dia selalu menganggap dirinya lebih baik daripada orang lain, dan dia sering memamerkan kekayaan dan statusnya kepada orang-orang di sekitarnya.

Suatu hari, Rudi sedang berjalan-jalan di pasar ketika dia bertemu dengan seorang pengemis tua. Pengemis itu duduk di trotoar, lusuh dan kotor. Dia memegang tongkat kayu di tangannya, dan dia tampak sangat lemah dan sakit.

Rudi melihat pengemis itu, dan dia merasa jijik. Dia berpikir, "Apa yang dilakukan orang tua ini di sini? Dia hanya akan membuat pasar ini menjadi kotor."

Rudi pun berlalu begitu saja, tanpa mempedulikan pengemis itu. Pengemis itu hanya bisa menatap Rudi dengan mata penuh kesedihan.

Malam harinya, Rudi bermimpi bertemu dengan seorang kakek tua. Kakek itu berkata kepada Rudi, "Rudi, mengapa kau sombong dan angkuh? Kau tidak lebih baik daripada orang lain. Semua orang adalah sama di hadapan Tuhan."

Rudi terbangun dari mimpinya, dan dia merasa sangat menyesal. Dia menyadari bahwa dia telah salah selama ini. Dia telah memandang rendah orang lain, padahal dia sendiri tidak lebih baik daripada mereka.

Rudi pun bertekad untuk mengubah dirinya. Dia mulai belajar untuk menjadi lebih rendah hati dan lebih peduli terhadap orang lain. Dia mulai membantu orang-orang yang membutuhkan, dan dia mulai berbagi harta bendanya dengan orang-orang yang kurang beruntung.

Perubahan Rudi tidak luput dari perhatian orang-orang di sekitarnya. Mereka semua kagum dengan perubahan Rudi. Mereka mulai menghormati Rudi, dan mereka mulai menganggap Rudi sebagai orang yang baik hati dan dermawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun