Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Penyelamatan Sungai Cisadane

24 November 2023   09:28 Diperbarui: 24 November 2023   10:46 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar pixabay.com gratis 

Arya dan teman-temannya kemudian menemui Pak Guru. Mereka menceritakan tentang kondisi sungai Cisadane yang kotor dan tercemar.

"Wah, ini masalah yang serius," kata Pak Guru. "Kita harus segera mencari solusi untuk mengatasi masalah ini."

Pak Guru kemudian mengajak Arya dan teman-temannya untuk melakukan diskusi. Mereka berdiskusi tentang apa yang bisa mereka lakukan untuk menyelamatkan sungai Cisadane.

Dari hasil diskusi tersebut, mereka memutuskan untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sungai Cisadane. Mereka akan mengajak warga sekitar untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Keesokan harinya, Arya dan teman-temannya mulai menyebarkan informasi tentang kegiatan bersih-bersih sungai Cisadane. Mereka membagikan selebaran dan memasang poster di berbagai tempat.

Tak lama kemudian, banyak warga yang tertarik untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Pada hari Sabtu, Arya dan teman-temannya bersama warga sekitar mulai membersihkan sungai Cisadane.

Mereka mengumpulkan sampah-sampah yang ada di sungai. Mereka juga membersihkan tepian sungai dari rumput liar dan tanaman liar lainnya.

Kegiatan bersih-bersih sungai Cisadane berlangsung selama beberapa jam. Setelah selesai, sungai Cisadane menjadi bersih dan kembali indah.

Arya dan teman-temannya merasa senang karena telah berhasil menyelamatkan sungai Cisadane. Mereka berharap bahwa warga sekitar akan terus menjaga kebersihan sungai Cisadane agar tidak kembali tercemar.

Kegiatan bersih-bersih sungai Cisadane ini merupakan contoh pembelajaran tematik integratif. Dalam kegiatan ini, siswa belajar tentang berbagai mata pelajaran, yaitu:

IPA:Siswa belajar tentang ekosistem sungai, pencemaran sungai, dan cara-cara menjaga kebersihan sungai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun