Guru adalah figur yang sering menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan.karena memegang fungsi dan peranan penting dan juga merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan.guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik,terutama dalam kaitannya dengan proses dan hasil belajar-mengajar di ruang kelas.guru menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas.Â
Guru yang berkualitas adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal.dengan kata lain guru yang berkualitas adalah orang yang terdidik dan terlatih dengan baik serta memiliki pengalaman yang kaya dalam bidangnya.yang di maksud dengan terdidik dan terlatih bukan hanya memiliki pendidikan formal saja tetapi juga harus menguasai berbagai strategi atau teknik dalam KBM (kegiatan belajar-mengajar) serta landasan-landasan kependidikan seperti yang tercantum dalam kompetensi guru.
Kriteria guru yang berkualitas secara umum,adapun persyaratan guru dapat dikatakan berkualitas harus memiliki persyaratan antara lain:
- Memiliki bakat sebagai guru
- Memiliki keahlian sebagai guru
- Memiliki keahlian yang baik dan berintegrasi
- Memiliki mental yang sehat dan berbadan sehat
- Memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas
- Mengamalkan jiwa pancasila terhadap pendidik
- Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang.
Upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas guru antara lain :
A.Dari pihak kepala sekolah
  1.menaikkan upah dan gaji guru
    Dengan menaikkan gaji guru maka dapat meningkatkan kesejahteraan guru akibatnya guru dapat lebih focus dan lebih bertanggung jawab dalam pekerjaan sebagai tenaga pengajar,guru tidak usah mencari kerjaan lagi untuk menambah nafkah keluarganya itu dapat mempengaruhi kinerja guru.
  2. mengurangi beban guru dari tugas-tugas administrasi
    Sebaiknya tugas-tugas administrasi yang selama ini membebani guru.seharusnya di buat tim untuk mengurus administrasi karena guru sudah di bebani dengan mengajar setiap harinya di kelas.
  3. pelatihan dan sarana
    Lembaga-lembaga diklat (PPD dan BPG) dilingkungan Depdiknas perlu di optimalkan dalam fungsi dan tugas pokonya masing-masing.dalam meningkatkan mutu guru pemerintah mengadakan pembekalan materi terhadap guru agar dapat meningkatkan efektifitas mengajar.