Mohon tunggu...
Mufidatul amaliyah
Mufidatul amaliyah Mohon Tunggu... Guru - artikelanak2smpi

santriputraputrismpiannuriyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode Pembelajaran Kalam untuk Mahasiswa

11 Desember 2018   16:53 Diperbarui: 11 Desember 2018   17:01 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

METODE PEMBELAJARAN MAHAROH KALAM

Jika kita membahas mengenai metode pastinya kita memberi tahu kepada kalian semua bahwa ada metode yang mungkin bisa anda lakukan sebagai guru untuk pembelajaran maharoh kalam. Maharoh yang sering di sebut mahasiswa yang paling sulit karena kebanyakan dari mereka memahami teori tapi susah untuk mengungkapkan dalam keterampilan berbicara. 

Didapat dari sebuah kajian pustaka yang saya baca ada beberapa metode  .Berbicara tentang ilmu berbahasa sebenarnya hal yang paling diutamakan adalah kebiasaan/ latihan secara terus menerus apabila kita ingin dalam bidang berbahasa. Karena ilmu bahasa itu ilmu yang butuh lattihan setiap hari. Sebelum membahas lebih lanjut tentang apasih metode untuk mahasiswa dalam pembelajaran maharoh kalam, alangkah baiknya kita tau apa makna dari maharoh kalam?

Maharoh kalam merupakan keterampilan berbicara salah satu dari empat maharoh yang harus dikuasai oleh mahasiswa jurusan bahasa entah bahasa arab atau bahasa asing lainnya. Metode merupakan cara dimana kita menyampaikan materi belajar mengajar sesuai dengan kurikulum dan cara mereka berproses dengan mudah guru harus memakai kiat-kiat yang sesuai. Ada 5 poin yang bisa kita dapat:1. Metode Pelaksanaan 2. Metode Penulisan 3. Metode Presentasi 4. Metode Evaluasi dan tambahan 5. Tugas Tambahan.

Metode pelaksanaan

Ketua kelas diminta untuk membagi anggota kelas kedalam beberapa kelompok dosen yang memilih, masing masing klompok berjumlah 2 orang, setiap kelompok mengerjakan materi yang sama setiap minggunya.

            Metode Penulisan

Disamping siswa dituntut untuk bisa berbicara tetapi siswa juga di haruskan terlatih dengan keterampilan menulis yang baik.

Materi yang dipresentasikan sesuai dengan silabus, setiap kelompok diwajibkan untuk membuat dialog dengan memperhatikan aspeknya: 1.  Keluasan materi 2.  Tarkib 3. Penambahan kosa kata baru yang dilampirkan diakhir dialog, adanya standarisasi penulisan agar tulisan mereka teratur dan seragam. Didalam menyusun teks khiwar siswa harus merujuk pada kamus, diberikan deadline dan dikerjakan sesuai kelompok.

Metode Presentasi

Materi dipresentasikan dalam bentuk hiwar didepan kelas oleh masing masing kelompok sesuai dengan gaya mereka sehingga terlihat menarik dan luwes, mahasiswa diperkenankan untuk disiplin, apabila ada dialog baru yang dipresentasikan suatu kelompok maka akan di bahas diakhir atau di awal dan dihafalkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun