Mohon tunggu...
Mudrika Iga
Mudrika Iga Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Manajemen Adm

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemahaman Pesan Persuasif dalam Komunikasi Bisnis

26 Agustus 2021   20:49 Diperbarui: 26 Agustus 2021   21:13 20396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemahaman Mengenai Pesan Persuasif dalam Komunikasi Bisnis 

Apa kabar rekan-rekan semuanya , pada artikel kali ini akan membahas mengenai Pemahaman Mengenai Pesan Persuasif Dalam Komunikasi Bisnis 

Pesan Persuasif , hmm kira kira apa sih itu? Kita akan mulai membahas dengan definisi pesan persuasif

Pesan Persuasif merupakan suatu komunikasi dari komunikan ( pengirim pesan ) ke komunikator ( penerima pesan ) yang memiliki maksud untuk memotivasi audiens agar melakukan sesuatu, menyampaikan ide yang akan mengubah pola pikir, emosional dan logika dari audiens. Contoh nya di dalam organisasi , surat persuasif ini ditunjukan kepada orang lain untuk memberikan ide / gagasan pada perencanaan kerja, merumuskan suatu masalah dan memecahkan masalah pada organisasi seperti cara / prosedur mengenai prosedur. Persuasif yang efektif adalah dimana audiens paham dna mengerti isi pesan yang komunikan sampaikan dan ada kecenderungan untuk berpikir dan melakukan apa yang pengirim pesan jelaskan. 

Pesan persuasif di bedakan menjadi 2 bentuk, yaitu verbal dan non verbal. Verbal sendiri berarti pengucapan kata / lisan , sedangkan non verbal penyampaian nya dengan menggunakan media cetak ( surat kabar ) , slogan , spanduk .

Apa saja yang diperlukan dalam menyampaikan pesan persuasif ? Dilihat dari komponen yang terdapat dalam pesan, maka dapat kita simpulkan bahwa komunikator, pesan , media, dan komunikan . 

Pesan Persuasif memiliki manfaat yaitu kita dapat memotivasi audiens untuk memilih atau mengambil suatu keputusan yang pada dasarnya menjadi kendala bagi mereka karena di dalam pesan persuasif terdapat argumentasi dan bukti. Selain itu juga bagi individu penyampai pesan dapat mengasah kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan benar. 

Adapun kegunaan dari pesan persuasif dalam komunikasi bisnis adalah membantu audiens dalam pengambilan keputusan yang di dasari pada penalaran yang logis dan spesifik sehingga menjadi sebuah rombakan besar bagi penerima pesan untuk bertindak 

Dibuat oleh : 

1. Hesty Andriyaningsih ( 2020210002 )

2. Imam Fakhri Azahri ( 2020120005 )

3.  Mudrika Iga Parahiyangan ( 2020120006 )

4. Najmawidad Putri Listiana ( 2020130027 ) 

5. Dr., Reimond Hasangapan Napitupulu , M.M 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun