Gaspol(garap semua potensi on line) bagi pelaku UMKM. Sebuah keniscayaan pada era digitalisasi seperti sekarang ini juga rempol(reminding potensi on line). Tiada hari tanpa marketing. Dengan E-Marketing tidak terbatas pada ruang dan waktu bisa diakses, menjangkau pasar begitu luas, efisiensi biaya, dan koneksitas produsen dengan konsumen berinteraksi cepat.
Model bisnis UMKM E-Marketing melalui social networking(metode pemasaran menggunakan situs jejaring sosial) seperti facebook, frienster, twitter, myspace, meetUp. Beberapa situs sosial network yang mengizinkan menyertakan audio atau video klip antara lain www.YouTube, www.Vsocial.com, www.MySpace dan www.Group.com. Marketplace online memberikan ruang gerak begitu masif untuk memasarkan produk.
Dalam menjalankan usaha melalui online maka etika harus dijaga walaupun tidak bertemu secara langsung. Hal ini untuk menjaga hubungan baik antara penjual dan pembeli. Dengan begitu hubungan menjadi awet tanpa merasa dirugikan antarpihak. Kejujuran yang harus dipegang. Tanggung jawab merupakan sikap yang harus dimiliki. Sabar agar tidak melakukan segala cara yang tidak baik. Dengan gunakan AKAL(Amanah-Konsisten-Adaptif-Link)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H