Mohon tunggu...
Muda Isriyah
Muda Isriyah Mohon Tunggu... Ilmuwan - Konselor, Dosen, Penulis, Asesor BAN PAUD dan PNF

menulislah agar dikenang selamanya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya (MBMB): Menjadikan Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Sumber Kekuatan Bangsa

5 April 2023   05:31 Diperbarui: 5 April 2023   05:32 2134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya (MBMB): Menjadikan Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Sumber Kekuatan Bangsa"

Pendidikan dan kebudayaan merupakan dua hal yang tak terpisahkan dalam membangun sebuah negara yang maju dan berdaya saing. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia melalui program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya (MBMB) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada siswa. Indonesia sebagai negara yang memiliki keragaman budaya dan bahasa, menjadi tantangan dalam pembangunan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan.  

Namun, implementasi program tersebut masih dihadapkan pada sejumlah tantangan yang perlu diatasi agar dapat mencapai tujuannya. Dalam artikel ini, saya ingin membahas tentang kebermanfaatan dan praktik baik dari program "Merdeka Belajar" dan "Merdeka Berbudaya" serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk memperkuat implementasinya agar dapat membangun generasi yang unggul dan berbudaya. Implementasi dari program "Merdeka Belajar" dan "Merdeka Berbudaya" seperti minimnya dukungan dan partisipasi dari masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta minimnya sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pendidikan dan kebudayaan. Selain itu, kurangnya pemahaman tentang konsep "Merdeka Belajar" dan "Merdeka Berbudaya" juga menjadi tantangan dalam implementasi program ini. Beberapa pihak mungkin masih belum sepenuhnya memahami tujuan dan manfaat dari program ini sehingga kurangnya dukungan dan partisipasi dalam implementasi program tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan kebudayaan dalam pembangunan nasional, serta memperkuat implementasi program "Merdeka Belajar" dan "Merdeka Berbudaya" melalui dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak terkait.

Kita mengenal "Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya" merupakan program pemerintah yang diluncurkan pada tahun 2019 dengan tujuan untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan berbudaya. Program ini mencakup beberapa aspek, termasuk pengembangan karakter, peningkatan kualitas pendidikan, dan pengenalan budaya bangsa kepada siswa.

Salah satu aspek penting dari program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya adalah kebermanfaatan dan praktik baik dari program ini. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa program ini memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

  • PENDEKATAN HOLISTIC DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MERDEKA BELAJAR DAN MERDEKA BERBUDAYA. 

Program ini harus dilihat sebagai sebuah sistem yang terdiri dari banyak komponen yang saling terkait. Kita perlu memastikan bahwa semua komponen ini bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan yang sama. Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya adalah program yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan budaya di Indonesia. Program ini menekankan pentingnya kemandirian dan kebebasan belajar bagi siswa serta upaya untuk memperkaya budaya Indonesia.

Untuk mencapai tujuan program ini, diperlukan pendekatan yang holistik dan praktik baik yang diimplementasikan dengan tepat. Berikut adalah beberapa contoh praktik baik dan kebermanfaatan dari program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya:

  • Pengembangan Kurikulum yang Holistik: Kurikulum yang dikembangkan harus mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami konteks dan kondisi sosial budaya sekitar mereka, sehingga dapat mengembangkan kemampuan beradaptasi dengan berbagai perubahan dan tantangan yang dihadapi.
  • Meningkatkan Kualitas Guru: Guru adalah faktor utama dalam menentukan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan dan pengembangan profesionalisme, seperti memberikan akses ke sumber daya pendidikan, pelatihan manajemen kelas, dan mentoring.
  • Pemberdayaan Siswa: Program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya menekankan pentingnya pemberdayaan siswa dalam proses belajar. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tentang pelajaran, mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif, serta memberikan ruang untuk eksplorasi dan inovasi.
  • Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan: Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan akses ke teknologi dan informasi, meningkatkan akses ke fasilitas dan sumber daya pendidikan, serta memperkuat kerjasama dengan masyarakat dan industri untuk memberikan pendidikan yang relevan dengan dunia kerja.
  • Meningkatkan Kesadaran Budaya: Program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya juga menekankan pentingnya memperkuat kesadaran budaya dan memperkaya budaya Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan memperkenalkan siswa pada berbagai aspek budaya Indonesia melalui pengajaran di kelas, kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, dan memperkuat kerjasama dengan komunitas lokal.
  • Dalam rangka mencapai tujuan program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya, diperlukan kerjasama dan koordinasi antara berbagai pihak, seperti pemerintah, guru, siswa, keluarga, dan masyarakat. Dengan mengimplementasikan praktik baik dan pendekatan yang holistik, program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan budaya di Indonesia.
  • PARTISIPASI AKTIF DARI SEMUA PIHAK 

Partisipasi yang terlibat dalam program ini adalah guru, siswa, orang tua, maupun masyarakat. Semua pihak harus berkomitmen untuk memastikan program ini berhasil dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa. Semua pihak harus memiliki komitmen untuk memastikan program ini berhasil dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa. Berikut ini adalah beberapa praktik baik dan kebermanfaatan program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya dalam partisipasi yang terlibat:

  • Guru: Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan program ini. Guru harus memiliki kompetensi dan kualitas yang baik dalam mengajar, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang bermutu dan menginspirasi siswa untuk belajar dengan lebih aktif dan kreatif. Guru juga harus memahami dan menerapkan konsep Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya dalam praktik pengajaran mereka.
  • Siswa: Siswa harus menjadi subjek aktif dalam proses belajar. Mereka harus diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tentang pelajaran dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Siswa juga harus diberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan lainnya melalui kegiatan ekstrakurikuler.
  • Orang Tua: Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, seperti membantu dalam kegiatan pengajaran dan membangun hubungan yang baik dengan guru.
  • Masyarakat: Masyarakat dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan program ini. Masyarakat dapat membantu sekolah dalam menyediakan sumber daya dan fasilitas yang diperlukan. Selain itu, masyarakat dapat membantu memperkuat kesadaran budaya dan mempromosikan nilai-nilai budaya Indonesia.

Dengan melibatkan semua pihak dalam program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan budaya di Indonesia. Semua pihak harus berkomitmen untuk bekerja sama dan berkontribusi dalam menjalankan program ini dengan baik.

  • EVALUASI TERUS-MENERUS   

Evaluasi ini harus dilakukan secara periodik untuk memastikan bahwa program ini berjalan sesuai dengan tujuannya dan memberikan manfaat yang sesuai bagi siswa. Evaluasi secara periodik sangat penting untuk memastikan bahwa program pendidikan berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang sesuai bagi siswa. Evaluasi dapat membantu mengidentifikasi kelemahan dalam program dan memberikan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas program tersebut. Evaluasi juga membantu dalam pengambilan keputusan tentang apakah program harus diperpanjang, diubah, atau dihentikan. Dengan melakukan evaluasi secara periodik, pengambil keputusan dapat memastikan bahwa sumber daya yang dialokasikan untuk program pendidikan digunakan dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  • KUALITAS DARI PELAKSANAAN 

Pelaksanaan program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya harus memenuhi standar kualitas yang tinggi untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan manfaat yang maksimal dari program ini. Program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya adalah program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Untuk memastikan bahwa program ini memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa, pelaksanaannya harus memenuhi standar kualitas yang tinggi. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya:

  • Tujuan yang jelas dan terukur: Program harus memiliki tujuan yang jelas dan terukur, sehingga dapat diukur keberhasilannya dalam mencapai tujuan tersebut. Tujuan harus disusun dengan berdasarkan kebutuhan siswa dan kemampuan yang realistis untuk dicapai.
  • Desain program yang baik: Program harus didesain dengan baik dan terstruktur, sehingga semua komponen program dapat terintegrasi dan menyatu secara harmonis untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Pelaksanaan yang konsisten: Program harus dilaksanakan secara konsisten dengan perencanaan yang telah disusun, sehingga siswa dapat mengikuti program dengan mudah dan memperoleh manfaat yang maksimal.
  • Sumber daya yang memadai: Program harus disertai dengan sumber daya yang memadai, seperti tenaga pengajar yang berkualitas, materi pembelajaran yang lengkap dan sesuai, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan finansial yang cukup.
  • Pengukuran dan evaluasi yang terus-menerus: Pelaksanaan program harus diukur dan dievaluasi secara terus-menerus untuk memastikan bahwa program mencapai tujuannya dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa. Hal ini dapat membantu dalam menentukan perubahan dan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas program.
  • Keterlibatan siswa dan orang tua: Program harus melibatkan siswa dan orang tua dalam seluruh proses, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Keterlibatan siswa dan orang tua dapat membantu dalam memastikan bahwa program dapat memenuhi kebutuhan siswa dan memberikan manfaat yang maksimal.

Dengan memenuhi standar kualitas yang tinggi dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Indonesia secara keseluruhan.

  • PENGGUNAAN TEKNOLOGI   

Penggunaan teknologi dapat mempermudah pelaksanaan program ini dan meningkatkan efektivitas dari program ini. Namun, penggunaan teknologi harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan aspek keamanan dan privasi. Dalam praktiknya, Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat jika dilakukan dengan baik. Program ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan memperkenalkan budaya bangsa kepada siswa. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan program ini tergantung pada upaya bersama dari semua pihak yang terlibat dalam program ini.

 Dalam pelaksanaannya, MBMB juga menekankan penggunaan teknologi sebagai salah satu cara untuk mempermudah akses dan memperluas kesempatan belajar dan berbudaya. Berikut adalah beberapa poin penting dalam pelaksanaan program MBMB dengan penggunaan teknologi:

  • Infrastruktur dan Aksesibilitas

Penggunaan teknologi dalam program MBMB membutuhkan infrastruktur yang memadai dan aksesibilitas yang baik agar dapat mencapai seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah perlu memperhatikan ketersediaan jaringan internet yang stabil dan cepat, serta mengupayakan penyebaran perangkat teknologi seperti laptop atau tablet pada siswa dan guru.

  • Platform Pembelajaran Online

Dalam rangka mengimplementasikan MBMB, pemerintah telah mengembangkan beberapa platform pembelajaran online seperti "Rumah Belajar", "Ruangguru", "Zenius," dan lain-lain. Platform-platform ini memiliki fitur yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri melalui video pembelajaran, soal latihan, dan kuis interaktif.

  • Pembelajaran Hybrid

Pembelajaran hybrid atau kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka dapat menjadi alternatif bagi siswa dan guru untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam program MBMB. Dalam pembelajaran hybrid, siswa dan guru dapat menggunakan teknologi seperti video conference atau e-learning untuk melaksanakan sesi pembelajaran tatap muka yang efektif.

  • Pengembangan Konten Edukasi Digital

Pemerintah dapat memperluas penggunaan teknologi dalam program MBMB dengan mengembangkan konten edukasi digital yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Konten edukasi digital dapat berupa video pembelajaran, animasi interaktif, atau simulasi virtual yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

  • Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan Guru

Penggunaan teknologi dalam program MBMB memerlukan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran online. Oleh karena itu, pemerintah dapat memberikan pelatihan dan pengembangan kemampuan guru dalam penggunaan teknologi dan platform pembelajaran online untuk mendukung pelaksanaan program MBMB.

Dalam rangka mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam program MBMB, perlu adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak seperti siswa, guru, orang tua, pemerintah, dan masyarakat. Dengan demikian, program MBMB dapat dijalankan dengan efektif dan dapat mencapai tujuannya untuk mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih aktif dalam belajar dan berbudaya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun