Filosofi kota kudus yang diakui memiliki makna mendalam adalah "Gus Ji Gang" yang merupakan singkatan dari kata Gus (Bagus budi pekertinya yaitu tokoh agama yang memiliki kharisma/kekuasaan), Ji (Ngaji yaitu proses mendalami atau menyebarkan ajaran Islam), Gang (berdagang /berbisnis/wiraswasta ). Jika filosofi itu yang digunakan maka, Kota kudus dilihat dari aspek sejarah ditentukan oleh tiga orang tokoh yang memiliki ciri khusus berbeda, yaitu:
Pertama, tokoh yang memiliki karakter tokoh agama dan memiliki kekuasaan/charisma (GUS) yaitu Ja'far Shodiq yang dikenal dengan sebutan Kanjeng Sunan Kudus. Kedua, tokoh yang memiliki karakteristik ngaji atau santri (JI) yaitu memegang nilai nilai keagamaan yang kuat meskipun tidak memiliki kekuasaan yang tinggi, yaitu The Liang Sing yang akhirnya di sebut Kiai Telingsing, dan , Ketiga, tokoh yang memiliki karakteristik wirasawsta atau berbisnis/berdagang (GANG) yang disimbolkan dengan seorang tokoh bernama Fang Yun An  yang akahirnya disebut Panjunan.
Gus Ji Gang bisa bermakna sebuah karakteristik masyarakat kudus yang terdiri dari tiga macama yaitu Pertama, (GUS) berarti bagus pekertinya (sikap dan perilakunya) , kedua, (JI) berarti rajin ngaji yaitu mendalami ilmu ilmu agama Islam sehingga dapat disebut santri. Ketiga, (GANG) yang berarti memiliki kepandaian atau keuletan dalam berdagang/berbisnis. Tiga macam karakteristik itulah yang sampai sekarang mendominasi masyarakat Kudus.
Pertanyaannya, apakah tiga karakteristik itu hanya dijadikan mitos sejarah yang hanya dibicarakan dan diceritakan ataukah mitos tersebut perlu ditransformasikan atau diimplementasikan kedalam sistem kehidupan basyarakat baik dalam sistem sosial maupun birokrasi pemerintahan.
Masyarakat Kudus secara umum memiliki tiga macam karakteristik yang perlu diimplementasikan kedalam realitas kehidupan masyarakat dan pemerintahan. Tiga karakteristik tersebut adalah :
Pertama, Kultur tokoh/ketokohan, yaitu masyarakat Kudus memiliki semangat sebagai tokoh yaitu orang yang memiliki kharisma/kewibawaan. Kewibawaan atau ketokohan seseorang akan muncul jika dibarengi dengan kualitas intelektual seperti, cerdas, kreatif, inovatif, dinamis, kualitas sosial seperti, toleran, saling menghargai dan menghormati maupun kualitas moral seperti, disiplin, jujur, komitmen kepada kebenaran dan keadilan. Tanpa diimbangi dengan hal tersebut maka charisma hanya bersifat fiktif atau semu.
Kedua, Kultur santri/ngaji, yaitu masyarakat Kudus harus memiliki semangat untuk selalu konsisten dan menjalankan ajaran syariat agama (Islam). Artinya memiliki ikatan kuat dalam menjalankan pesan atau ajaran Islam. Santri secara bahasa dimaknai seorang pelajar yang sedanag menimba ilmu (mondok), oleh sebab itu pelajar yang sudah tidka mondok lagi tidak dikatakan santri. Dalam artian yang lebih luas, terutama dalam konteks sosiologis (ta'rif istilahi), santri bermakna "setiap orang Islam yang relatif taat dalam menjalankan ajaran Islam" baik ia alumnus pesantren atau bukan. Dengan demikian ia merupakan kebalikan dari muslim abangan, sebuah istilah bagi seorang muslim yang tidak taat. Dari kedua ta'rif santri secara lughawi maupun secara istilahi di atas dapat dipahami jika keduanya mengacu pada satu pemahaman : bahwa seorang santri adalah seorang muslim yang dalam perilaku kesehariannya akan selalu berusaha menjadi representasi atau mewakili ajaran Islam ideal (QS Al Baqarah 2:207).
Ketiga, Kultur berbisnis, wirasawsta, bedagang, yaitu masyarakat Kudus memiliki semangat untuk berwiraswasta/berbisnis dengan cirri (a) disiplin, jujur, tekun (b) berani menanggung resiko dengan penuh perhitungan yang matang (c) mempunyai daya kreasi , motivasi dan imajinasi (d) hidup efisien, tidak boros, tidak pamer kekayaan (e) mampu menarik orang lain, karyawan untuk bekerjasama (f) mampu menganalisa, melihat peluang-peluang
Membangun Kudus Melalui Spirit "Gus Ji Gang"
Akronim budaya Kudus yang bernama "Gus ji gang", tidak cukup hanya dihafal dan disampaikan dalam forum forum seminar. Filosofi ini mutlaq perlu diimplekmentaiskan kedalam realitas kehidupan masyarakat Kudus baik masyarakat umum maupun masyarakat birokrasi atau kekuasaan. Konsekuensinya seluruh elemen masyarakat perlu melakukan berbagai langkah untuk membumikan sebudatn budaya tersebut agar masyarakat Kudus benar benar sesuai dnegan nilai nilai atau pesan budaya Gus Jigang.
Persoalan sangat penting, spirit Gus Ji Gang perlu diimplementasikan kedalam berbagai program dan kebijakan pemerintah kabupaten Kudus. Artinya pemerintah kabupaten Kudus harus memiliki berbagai program atau kebijakan yang mengarah kepada terwujudnya filsofi " Gus Ji Gang".