Mohon tunggu...
Muchammad Akbar Kurniawan
Muchammad Akbar Kurniawan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hi...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teh Celup Kognitif Sosial: Mencampur Kecerdasan dan Sosialisasi ala Albert Bandura

8 Oktober 2023   17:36 Diperbarui: 8 Oktober 2023   17:37 792
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pernahkah kalian merasa kadang sering mengeluh ketika disuruh orang tua atau ketika mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh Dosen?. Pastinya pernah ya, hal tersebut dipengaruhi oleh lingkungan, perilaku, dan proses kognitif seseorang, karena ketiga faktor tesebut sangat bergantung satu sama lain. Faktor tersebut dinamakan Konsep Triadic Reciprocal Determinisme. Konsep tersebut dikemukakan oleh salah satu tokoh psikologi Kanada bernama Albert Bandura. Albert Bandura menciptakan konsep tersebut melalui Teori ciptaaannya, yaitu Kognitif Sosial. Sebenarnya apa teori kognitif sosial itu?. Sebelum itu, penulis akan memaparkan profil singkat dari Albert Bandura.

Albert Bandura lahir pada tahun 1925 di Kanada. Dia memperoleh gelar doktor dalam psikologi klinis dari University of Lowa. Karya Miller dan Dollard, Social Learning and Imitation, memengaruhi pemikirannya. Bandura memulai program penelitian yang mengkaji dampak terhadap prilaku sosial setelah tiba di Stanford University pada 1950-an. Dia percaya bahwa teori pengkondisian yang populer pada saat itu memberikan penjelasan yang tidak lengkap tentang bagaimana dia memperoleh dan menerapkan perilaku yang baik dan menyimpang. Penelitian Bandura memperluas dan mempertajam teori belajar sosialnya dengan mencakup banyak masalah penting. Fokus penelitian adalah imitasi dan identifikasi, kekuatan sosial, kekuatan diri, dan pengawasan, serta perubahan tingkah laku yang dihasilkan melalui pemodelan. Alhasil muncullah teori bernama Kognitif Sosial

Teori kognitif sosial ialah teori yang menekankan bahwa pembelajaran manusia sebagian besar terjadi di lingkungan sosial. Manusia memperoleh pengetahuan, aturan, keterampilan, strategi, keyakinan, dan sikap dari melihat orang lain. Selain itu, orang melihat model atau contoh untuk mengetahui apakah prilaku yang dimodelkan berguna atau sesuai. Selanjutnya, mereka bertindak sesuai dengan keyakinan mereka tentang kemampuan mereka dan hasil yang diharapkan dari tindakan mereka.

Teori Kognitif Bandura dibuat untuk membahas bagaimana orang dapat mengontrol peristiwa dalam hidup mereka dengan mengubah cara mereka berpikir, bertindak, dan berperilaku. Menentukan tujuan, menilai kemungkinan hasil dari tindakan, mengevaluasi kemajuan dalam mencapai tujuan, dan mengaturan diri atas pikiran, emosi, dan tindakan adalah proses dasarnya. Menurut Bandura, ciri lain teori kognitif sosial adalah fokusnya pada fungsi pengaturan diri. Orang bertindak bukan hanya untuk mengikuti kecenderungan orang lain. Sebagian besar perilaku mereka dimotivasi dan diatur oleh standar internal dan reaksi terhadap tindakan meraka sendiri yang terkait dengan penilaian diri mereka sendiri.

Dalam teorinya, Bandura menyatakan bahwa meskipun pembelajaran yang dilakukan secara observasi dapat memberikan kekuatan sendiri, variabel lain tidak akan mempengaruhinya. Menurut Bandura, empat proses yang saling berhubungan dalam penerapan pemodelan dalam pembelajaran adalah proses atensi, retensi, produksi, dan motivasi, yang diuraikan sebagai berikut:

Atensi

Seseorang tidak dapat belajar dari model jika dia tidak ada dan tidak dapat mengenali dan memahami aspek-aspek penting dari perilakunya. Individu harus memperhatikan setiap perilaku atau tingkah laku yang ditiru oleh orang lain---juga dikenal sebagai model---sehingga mereka dapat bertindak seperti model.

Penguatan pengamat dengan modelnya, daya tarik model, dan pentingnya perilaku yang diamati oleh pengamat semua memengaruhi antisipasi ini. Jika Anda lebih fokus, pembelajaran akan berjalan lebih efektif. Berbagai nilai yang ditampilakan oleh model dan perbedaan fungsi sangat memengaruhi penetapan tingkah laku peniru. Peniru harus memilih model yang ingin mereka tiru dan yang ingin mereka abaikan. Namun, pada umumnya, mempeunyai kecenderungan meniru model yang menarik adalah lebih sukses dan terkenal.

Retensi

Proses retensi suatu bagian penting dari pembelajaran observasional. Tahap ini kadang-kadang tidak terlihat karena terlibat dalam proses retensi jangka panjang yang dihasilkan dari kode modeling. Situasi inilah yang menarik anak-anak; misalnya, pola perilaku mereka diperoleh melalui observasi dan dipelihara kemudian. Karena informasi ini penting, harus diingat dan disimpan dengan baik. Jika seseorang lupa akan tingkah laku modelnya, mereka tidak akan mendapatkan pengaruh yang lebih besar. Menurut Bandura, ada proses halus di mana pengetahuan disimpan dengan menggunakan elemen simbolis melalui bahasa dan imajinasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun