Mohon tunggu...
Mubarok
Mubarok Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer, Mahasiswa Juga

LAHIR DAN BESAR DARI KELUARGA SEDERHANA, MENCOBA MENJADI MANUSIA YANG BERMANFAAT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Review UAS

16 Desember 2019   15:41 Diperbarui: 17 Desember 2019   12:02 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Bagaimana menjelaskan perubahan formasi sosial, cara konsumsi media, hiperrealitas Suaramerdeka dan manajerial perusahaan terhadap posisi pekerja, pemilik media suarabaru.id?

Penelitian berawal dari perubahan formasi sosial ketika masyarakat beralih dari konsumsi media cetak ke media digital. Suaramerdeka yang dikenal sebagai Korannya Jawa Tengah selama ini menjadi media lokal yang dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Tengah. Pergeseran cara konsumsi masyarakat ke media digital membuat Suaramerdeka kehilangan pembacanya. Kondisi tersebut kemudian melahirkan Suarabaru.id dimana sebagian dari jurnalisnya bekerja di Suaramerdeka. Modal simbolik dan sosial yang dimiliki oleh para jurnalis Suaramerdeka bermanfaat untuk mengembangkan media Suarabaru.id. Penulisan berita suarabaru.id yang hampir sama dengan Suaramerdeka membuat pembacanya seolah membaca Koran yang sama

Rujukan:

  • Couldry, Nick, 2004, Theorising Media as practice, Social Semiotic Volume 14 Number 2 August 2004, Routledge
  • Sarah Pink, et.al, Digital Ethnography: Principles and Practice, London: Sage, 2016, chapter 1-2, pp.1-3
  • Bourdieu, P, 1977, Outline of a Theory of Practice
  • De certeu, Michael 1984, The Practice of Everyday Life, 
  • Hesmondhalgh, David & Toynbee, Jason, eds.  2008, The Media and Social Theory, Oxon, Routledge
  • Couldry, Nick (2012) Media, Society, World: Social Theory and Digital Media Practice. Cambridge: Polity Press.
  • Alan Warde, 2014, After taste: Culture,consumption and theories of practice, Journal of Consumer Culture, 2014, Vol. 14(3) 279–303, SagePublications
  • Bourdieu, Pierre, Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste, 1984, trans Richard Nice, Harvard University Press, Chambridge
  • Hesmondhalgh, David, 2010, Media Industry Studies, Media Production Studies, in J Curran (ed) Media and Society
  • Sum, N. L., & Jessop, B. (2013). Towards a cultural political economy: Putting culture in its place in political economy, Edward Elgard Publishing
  • Hall, S. (1997) Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London and Thousand Oaks, CA: Sage.
  • Morley, D. (1980) The Nationwide Audience: Structure and Decoding. London: British Film Institute.
  • Giddens, A. (1984) The Constitution of Society: Outline of the Theory of Structuration.
  • Blumer, H. (1962) ‘Society as symbolic interaction’, in A. M. Rose (ed.), Human Behavior and Social Process: An Interactionist Approach. Houghton-Mifflin, pp. 179–92.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun