Mohon tunggu...
Muarif Essage
Muarif Essage Mohon Tunggu... Guru - pembaca sastra

lahir di Tegal, 25 Mei 1969. Seorang guru, ia lebih sering membaca karya sastra dan membicarakannya dalam bentuk ulasan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Karena "Padamu Jua" lah, Warna-warni Pelangi dan Kesemarakan Dunia Tercipta

28 Januari 2022   10:06 Diperbarui: 28 Januari 2022   10:11 632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pada judul catatan ini senagaja saya meminjam judul puisi karya Raja Pujangga Baru, Amir Hamzah. Karena pada puisi "Padamu Jua" pernah muncul dua kutub penafsiran. Kritkus HB. Jassin menyebut puisi "Padamu Jua" sebagai religius. Demikian juga penyair Abdul Hadi WM yang pernah memasukan puisi Amir Hamzah itu sebagai puisi religius, mistis, dan tasauf. 

Beradasrkan puisi ini lah, Abdul Hadi WM berani menyebut Amir Hamzah sebagai penyair sufi. Namun, berbeda dengan keduanya, sastrawan Damiri Mahmud justru menolak tafsir yang menyebutkan puisi "Padamu Jua" sebagai puisi religius. 

Bagi Mahmud, puisi "Padamu Jua" sebagai puisi pelarian kegagalan cinta Amir Hamzah  dengan seorang perempuan yang berasal dari Solo bernama Ilik Sundari. (lebih lengkapnya dapat dibaca dalam artikel "Nyanyi Sunyi Amir Hamzah Digugat" yang ditulis S. Purwanto dalam Harian Merdeka, 8 Maret 1992).

Saya tidak hendak membicarakan kembali dua kutub penafsiran atas puisi karya Amir Hamzah. Menurut saya, kedua kutub penafsiran tersebut masing-masih sah sebagai buah tafsir yang tidak terlepas dari personalitas pemahaman. Baik HB Jassin, Abdul Hadi WM, maupun Damiri Mahmud bukanlah pemilik tafsir yang paling benar. Ketiga orang tersebut sedang "bermain-main" dalam kemajemukan tafsir puisi sebagai dunia imajinasi yang serba mungkin.

Catatan ini, dengan menyingung puisi "Padamu Jua", akan saya arahkan untuk kepentingan dalam persentuhan dua puisi, yakni antara "Padamu Jua" karya Amir Hamzah dengan puisi "Engkau Angin" yang ditulis Sitok Srengenge. Kedua puisi dari dua generasi penyair yang berbeda itu, menurut saya -tentu saja sejauh pemahaman saya-, memiliki kesamaan pengucapan. Sekaligus pula sangat mungkin terjadi memiliki kesamaan dalam hal perbedaan tafsir di tangan pembacanya. Sebelum saya memberikan catatan lebih jauh, ada baiknya kita membaca bersama dua puisi yang saya maksud.

PADAMU JUA

Karya Amir Hamzah

Habis kikis

Segala cintaku hilang terbang

Pulang kembali aku padamu

Seperti dahulu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun