Mohon tunggu...
mtsalhadi2
mtsalhadi2 Mohon Tunggu... Guru - Sekolah

Madrasah Tsanawiyah Swasta, di Mejing, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTs Al-Hadi II: Mendorong Inovasi dan Prestasi

20 November 2024   17:51 Diperbarui: 20 November 2024   17:53 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ibu Etyk memberikan sambutan (dok. pribadi MTs Al-Hadi II)

Pada tanggal 20 November 2024, MTs Al-Hadi II menggelar kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah yang melibatkan dua pengawas, yaitu Ibu Etyk Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd., dan Bapak Sumarna, M.Pd. Penilaian ini menjadi momen penting dalam rangka mengevaluasi kinerja Ibu Syah Fathi Azzatia, M.Pd., selaku kepala madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata mengenai bagaimana kepala madrasah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam memajukan kualitas pendidikan di madrasah.

Ibu Etyk Nurhayati yang bertindak sebagai salah satu pengawas menyampaikan bahwa tujuan utama dari Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) ini adalah untuk mendapatkan evaluasi yang objektif dan berbasis pada realitas yang ada di lapangan. "PKKM ini tidak hanya sekadar penilaian administratif, tetapi juga untuk menggali lebih dalam bagaimana kepala madrasah mengelola berbagai aspek dalam pendidikan," ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

Ibu Etyk memberikan sambutan (dok. pribadi MTs Al-Hadi II)
Ibu Etyk memberikan sambutan (dok. pribadi MTs Al-Hadi II)

Aspek yang menjadi fokus utama dalam penilaian ini meliputi lima komponen penting, yaitu sosial, profesional, kepribadian, kewirausahaan, dan hasil prestasi. Ibu Etyk menjelaskan bahwa penilaian ini dirancang untuk melihat sejauh mana kepala madrasah mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial, berinovasi dalam pengelolaan pendidikan, serta menciptakan suasana yang kondusif bagi perkembangan siswa dan guru di bawah kepemimpinannya.

Selain itu, dalam aspek profesional, kepala madrasah diharapkan dapat menunjukkan kemampuan dalam pengelolaan manajerial yang efektif dan efisien. Aspek ini menilai bagaimana kepala madrasah mengatur program-program pendidikan, memimpin rapat, serta mendukung perkembangan kompetensi para tenaga pengajar dan staf administratif.

Penggalian data dengan wawancara bersama siswa (dok. pribadi MTs Al-Hadi II)
Penggalian data dengan wawancara bersama siswa (dok. pribadi MTs Al-Hadi II)

Kepribadian kepala madrasah juga menjadi faktor yang tidak kalah penting. Ibu Etyk menekankan bahwa sikap, etika, dan komunikasi yang baik antara kepala madrasah dengan seluruh warga madrasah, mulai dari guru hingga siswa, sangat mempengaruhi tercapainya tujuan pendidikan yang optimal.

Aspek kewirausahaan menilai sejauh mana kepala madrasah mampu berinovasi dalam menghadapi tantangan yang ada, serta menciptakan peluang baru untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya yang ada.

Hasil prestasi yang dicapai oleh madrasah di bawah kepemimpinan Ibu Syah Fathi Azzatia juga menjadi perhatian utama dalam penilaian ini. Prestasi yang dimaksud meliputi pencapaian akademik siswa, keberhasilan program ekstrakurikuler, serta partisipasi dalam kompetisi-kompetisi pendidikan baik di tingkat lokal maupun nasional.

Setelah proses evaluasi selesai, Ibu Syah Fathi Azzatia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas masukan-masukan yang diberikan oleh kedua pengawas. "Saya menerima semua evaluasi ini dengan hati terbuka, dan ini menjadi bahan bagi saya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Hadi II," ungkapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun