Mohon tunggu...
Muhamad Taufiq Hidayat
Muhamad Taufiq Hidayat Mohon Tunggu... -

A time-traveler

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Layanan "Pesona", Menyambung Lidah Memotong Jarak

15 November 2014   22:36 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:44 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Inovasi, hal yang membedakan suatu bisnis dengan kompetitornya. Kala operator jasa pengiriman barang semakin banyak dilirik, manifestasi strategi yang baik perlu diterapkan oleh perusahaan agar roda bisnisnya tetap berputar. Tidak hanya sekedar tugas mengirimkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya, namun diperlukan suatu hal yang lebih komprehensif.

Jika memikirkan inovasi, ingatan saya akan kembali pada beberapa tahun silam kala saya membantu JNE melakukan launching salah satu produknya, yaitu PESONA di Mal fX Sudirman. Jeli sekali JNE melihat peluang ini, melihat kebiasaan orang Indonesia yang terbiasa membawa oleh-oleh makanan saat berpergian ke daerah lain dan menginginkan makanan serupa namun tanpa harus melakukan perjalanan ke daerah asal makanan tersebut. Hal ini jelas akan menggerakkan roda perekonomian di daerah lebih baik dengan memudahkan dalam melakukan pembelian makanan khas suatu daerah.

Sekali waktu saya memanfaatkan PESONA saat rindu rasa Pempek Candy yang hanya bisa dibeli di Palembang. Teringat dengan PESONA, saya putuskan membuka website www.pesonanusantara.co.id, itu kali pertama saya membuka website ini. Bagi yang pertama membuka website tersebut, menu dan tampilan website tidaklah membingungkan. Dalam memilih makanan pun bisa dipilih sesuai daerahnya, lalu akan keluar beberapa pilihan makanan yang bisa dibeli dari daerah tersebut beserta deskripsi dan harga dari paket makanan tersebut. Saat selesai memilih makanan yang akan dibeli, saya lalu diharuskan membuat akun terlebih dahulu di website PESONA dan mengkonfirmasi pesanan saya. Cara pembayaran pun sangat mudah, tidak perlu datang ke kantor JNE, saya hanya perlu melakukan transfer uang sejumlah pesanan saya ke rekening JNE lalu mengkonfirmasi pesanan pada website PESONA dan pesanan saya sudah tercatat. Selanjutnya saya hanya tinggal menunggu pesanan makanan saya datang ke rumah. Voila.

Layanan PESONA jelas merupakan inovasi yang belum dimiliki perusahaan pengiriman barang manapun. Keuntungan dalam menggunakan layanan PESONA ini jelas sangat jauh dibandingkan saya harus pergi ke Palembang dan membeli pempek langsung disana.  Bayangkan, berapa nilai yang bisa saya hemat dengan layanan PESONA ini.

Dalam kurun 24 tahun keberadaan JNE di Indonesia, bisnisnya sangat membantu memotong jarak dan waktu yang membentang dari Barat ke Timur Indonesia. Semoga di tahun mendatang, JNE selalu bisa menciptakan inovasi-inovasi layanan yang mengagumkan, seperti layanan PESONA ini. Jaya terus JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman barang terdepan di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun