Mohon tunggu...
Felix Tani
Felix Tani Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sosiolog dan Penutur Kaldera Toba

Memahami peristiwa dan fenomena sosial dari sudut pandang Sosiologi. Berkisah tentang ekologi manusia Kaldera Toba.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Metode Tulisku Adalah Tanpa Metode

1 September 2016   14:32 Diperbarui: 1 September 2016   14:49 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ijinkan saya memberi apresiasi pada artikel rekan S. Aji,  “Tentang Suara dan Kata-kata” (K. 25.08.16) dalam bentuk artikel  balasan. Bukan hendak berpolemik, tapi lebih pada perbincangan antar teman.

Artikel Aji itu ditulis khusus merespon catatan saya, “Tulisan Adalah Penjara Kata” (K. 19.08.16). Yang terakhir ini saya tulis menanggapi artikel Aji terdahulu, “Narsisus dan Suara-suara dalam Kepala” (K. 18.08.16). Jelas, kami memang sedang berbincang.

Dalam artikel “Tentang Suara dan Kata-kata” itu rekan  Aji pada intinya menyampaikan dua hal fundamental.

Pertama, tercapainya “kesepahaman sementara” di antara kami berdua bahwa, mengutip kata-kata Aji sendiri, “…ketika suara berbentuk sebagai kata, ia telah menjadi terpenjara. Ia akan tunduk pada otoritas penulis. Suara-suara tersebut akan kehilangan kemerdekaannya. Suara-suara itu lebih merdeka justru ketika ia tidak disetubuhi kata-kata.” Sehingga demi kemerdekaannya, “… suara-suara itu sebaiknya diam saja di dalam kepala.” 

Saya perlu tekankan sifat “sementara” pada kesepahaman itu. Sebab pikiran manusia adalah zat yang senantiasa berkembang dengan cara dan arah yang tak selalu bisa ditebak. Hari ini kami “baku peluk”, besok bisa saja “baku pukul”. Siapa yang kuasa mendikte pikiran kami?

Karena sudah ada “kesepahaman sementara” soal hakikat suara dan kata, maka saya tak akan membahasnya lagi.

Saya ingin masuk pada hal fundamental kedua yaitu apa yang disebut Aji sebagai “metode meramu kata”. Atau, dalam istilah saya, “metode tulis”.

Pada titik ini saya mohon ijin untuk menyentuh garis arena pergulatan rekan Aji yaitu pergulatan metodik. Seperti pengakuan  Aji sendiri: “... pada problem metode, saya mengalami pergulatan. Persisnya pada metode olah fiksi. Pergulatan itu ada pada tantangan: bagaimana tidak membebani makna karena kategori-kategori tertentu yang diacu dalam berbahasa (dengan kategori sosiologi, misalnya). Sementara di saat bersamaan, kategori-kategori tersebut justru menjadi karakteristik yang membedakan.”

Saya bilang “menyentuh” saja, bukan melangkahi garis untuk masuk ke dalam “arena gulat”. Saya tak akan melakukan itu karena alasan batas kompetensi. Seperti dikatakan Aji, dia sedang “…mengalami pergulatan. Persisnya pada metode olah fiksi.  ...berkaitan dengan penemuan ‘daya puitika’. …Metode menemukan karakter puitika …” Sebuah pergulatan demi “… menemukan jenis gairah yang selalu menyala dan "ke-saya-an dalam puisi-cerpen-novel"; ke-saya-an dalam susastra.”

Jadi saya sangat tahu diri untuk tidak masuk ke dalam lingkaran “daya puitika”, teman gelut Aji itu. Sebab, sejujurnya, saya sebenarnya bukan orang yang percaya pada keindahan kata-kata puitik. Saya lebih menikmati puisi pada polah alam, semisal awan berarak, desir angin, riak telaga, bangau terbang, dan kicau murai. Sebab kata selalu manipulatif, tapi tidak dengan polah alam.

Jadi dari garis batas lingkaran pergulatan metodik Aji, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja. Sebuah pengalaman subyektif yang mengantar saya pada anarkisme metode tulis, yang saya sebut “anarkisme tekstualisasi”. Anarkisme yang menerakan “signature” (“ke-saya-an”, kata Aji) pada tulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun