Mohon tunggu...
mohamad sobari
mohamad sobari Mohon Tunggu... Bankir - Semangat tanpa lelah

Menatap Kedepan, Melangkah Maju.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Salam "Millennials Tourism" Menpar Arief Yahya di Malam APWI 2018

8 Desember 2018   18:38 Diperbarui: 8 Desember 2018   18:42 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nuansa Instagramble tertata dengan unik digital dan millennials di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, pada Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2018 Jumat malam (07/12). Penyelenggaran kedua kali setelah sukesnya APWI  2017 yang melengkapi peserta dari kategori blogger. Bersama dengan Komunitas Sahabat TDB (taudariblogger.info) berkesempatan diundang hadir untuk turut berpartisipasi di malam APWI 2018.

Tarian Tari Fandari Dance sebagai penari pembuka, dan juga tari kontemporer bagi dari Dea  dengan perpaduan dari seluruh tarian yang ada di Indonesia menjadi pembuka acara dengan nuansa etnik budaya tradisional yang terpadu  modern. 

Menjadikan  Indonesia sebagai tempat yang terindah untuk tujuan wisata dunia. Salam Pesona Indonesia menjadi awal pembawa acara memberikan semangat buat para tamu yang mayoritas adalah pewarta wisata dengan di sambut kedua tangan berbentuk "Love" serta pekik "Wonderful". 

Kepala Biro Komunikasi Publik Guntur Sakti
Kepala Biro Komunikasi Publik Guntur Sakti
Kepala Biro Komunikasi Publik (Kombik)  Kemenpar Guntur Sakti melaporkan, minat para insan pewarta pariwisata dalam mengikuti lomba APWI 2018 semakin meningkat dibandingkan tahun 2017 lalu. 

Tahun ini karya peserta yang terkumpul mencapai 3.279 karya berupa artikel dan video terdiri atas majalah sebanyak 56 artikel, surat kabar 43 artikel, media online 119 artikel, blogger 153 artikel, dan 61 tayangan video. 

"Jumlah peserta APWI 2018 meningkat pesat. Bila pada APWI 2017 diikuti 876 karya peserta, tahun ini meningkat menjadi 3.279 karya peserta. Meningkatnya jumlah karya peserta tahun ini selain terpicu oleh total hadiahnya yang besara mencapai Rp. 300 juta yang termasuk di dalamnya untuk hadiah kategori utama atau best of the best sebesar Rp. 100 juta, juga karena tema yang dilombokan menarik yakni Destinasi Digital yang menjadi trend di kalangan milenial, "kata Guntur Sakti

Dewan Juri APWI 2018 dari unsur pentahelix pariwisata terdiri atas Wahyu Indrasto selaku Pemimpin Redaksi Majalah Eksekutif, yang menjadi Ketua Dewan Juri mewakili unsur media; Elly Hutabarat, Ketua ASEANTA Indonesia (industri); Wahyu Aji, Ketua GNFI (Komunitas); dan H. Himawan Brahmantyo, Ketua Hidiktipari (Akademisi).

Dewan Juri memilih 3.279 karya yang lolos seleksi kemudian menetapkan 5 nominal pemenang untuk masing-masing kategori yang pada hari ini diumumkan sebagai juara I, II, dan III serta harapan 1 dan 2 untuk masing-masing kategori. Para pemenang akan mendapatkan trophy dan piagam penghargaan dari Mempar Arief Yahya serta hadiah uang. 

Pemberian penghargaan APWI tersebut sebagai bentuk apresiasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka, khususnya seputar destinasi digital di Tanah Air, sesuai dengan tema lomba APWI tahun ini yaitu "Destinasi Digital" . 

"Destinasi digital menjadi salah satu program prioritas Kemepar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia. Dari target  juta kunjungan wisman pada tahun depan (2019) diproyeksikan 50% adalah wisatawan milenial, " kata Menpar Arief Yahya

Menpar Arief Yahya
Menpar Arief Yahya
Mempar Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan APWI 2018 karena dapat memacu para pewarta pariwisata dalam membuat karya dalam tulisan atau tayangan yang menginformasi kepada wisatawan tentang berbagai kegiatan yang terkait dalam unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas). 

Unsur 3A merupakan unsur penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata, apalagi di era digital saat ini dimana kunjungan wisatawan didominasi dari generasi millenials.

"Media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional.

Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan. Informasi yang disampaikan media menjadi promosi yang efektif serta dapat mendorong minat wisatawan, melakukan perjalanan, antara lain mengujungi destinasi digital di Tanah Air," kata Mepar Arief Yahya

Dewan Juri memilih 3.279 karya yang lolos seleksi kemudian menetapkan 5 nominal pemenang untuk masing-masing kategori yang pada hari ini diumumkan sebagai juara I, II, dan III serta harapan 1 dan 2 untuk masing-masing kategori. Para pemenang akan mendapatkan trophy dan piagam penghargaan dari Mempar Arief Yahya serta hadiah uang. 

Pemenang APWI 2018
Pemenang APWI 2018
Berikut para pemenang APWI 2018:

Kategori media cetak: Majalah Juara I: Doddy Wiraseto (Batik Air Magazine) "Pemantik Pikat Wisata Nomadik". Juara II:  Jeihan Kahfi Barlian (Majalah SWA) "Nomadic Tourism dan Digital Destination : Arena Baru Mengeksplorasi Tujuan Wisata yang Eksotis.Juara III: Fachruddin Abdullah (Majalah Event Guide) "Wisata di Kulon Progo Tak Cuma Kalibiru". 

Juara  Harapan I: Andri Syahreza (Majalah Mutiara Biru)"Going North".Juara Harapan II: Donna Imelda (Majalah Asrinesia) "Eksotisme Labuan Bajo".   

Kategori media cetak: Surat KabarJuara I; Arief Suharto (Koran Jakarta) "Keindahan Wonosobo Temanggung". Juara II:  Eva Fitriani (Investor Daily) "Beraksi di Breksi". Juara III: Mariyana Ricky P. (Solopos) "Pikat Sunset di Bukit Patrum". Juara  Harapan I: Setiady Dwie (Suara)" Museum Angkut Nan Yahud". Juara Harapan II: Apriadi Gunawan (The Jakarta) "Lake Toba Pearl of North".    

Kategori media online:Juara I; Adinda Permatasari (Viva.co.id) "Pose Instagramable Ditemani Ikan Wara-wiri di Dasar Air Umbul Ponggok". Juara II:  Erizky Bagus Zuhair (Akurat.co) "Memandang 10 Bali Baru dalam Bingkai Destinasi Digital". Juara III: Fadhil (Sindobatam.com) "Gerbang Pariwisata di Seberang Singapura". Juara  Harapan I: Erwin Gumilar (Venuemagz.com) "Sensasi Berwisata di Bekas Tambang Batu". Juara Harapan II: Edi Sutrisno (Beritakepri.id) "Pasar Kaki Langit Jogja; Harmoni Apik Kearifan Lokal, Alam dan Jagad Digital".

Kategori media blogger:Juara I; Lina W. Sasmita "Mengunjungi Pasar Mangrove Batam Salah Satu Destinasi Digital Anak Milenial". Juara II:  Elisabeth Murni  "Ranting-Ranting yang Berkisah di Hutan Pinus Pengger". Juara III: Qurotul Ayun "Harmoni Pagi di Pasar Kaki Langit". Juara  Harapan I: Teguh Sudarisman "Menjelajah 12 Destinasi Instagramable di Kaki Langit". Juara Harapan II: Ardian Kusuma "Sehari Menjelajahi Enam Destinasi Digital Jogja".

Kategori media televisi:Juara I; Produksi: Journey : Metro TV;  Judul tayangan: "Journey to Lasem";  Produser: Mutmainnah. Juara II:  Produksi: Tau Gak Sih : Trans 7;  Judul tayangan: "Jaga Mata Jaga Hati";  Produser: Okki Saputra. Juara III; Produksi: Let's Go : MNC TV; Judul Tayang: "Hati Kecantol Pesona Misool"; Produser: Jajang Dirajanaga; Juara Harapan I; Produksi: Jalan-jalan : Kompas TV; Judul Tayang: "Pesona Bali Utara"; Produser: Tia Noviana. Juara Harapan II:  ; Produksi: Jejak Petualang Weekend : Trans 7; Judul Tayang: "Jelajah Pulau Naga"; Produser: Rut Helga.

Pemberian penghargaan APWI 2018, Diberikan Kemenpar sebagai bentuk apresiasi kepada para pewarta wisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik. Khususnya seputar destinasi digital di Tanah Air, sesuai dengan tema lomba APWI tahun ini yaitu 'Destinasi Digital'.

Teguh Sudarisman, Kategori Blogger
Teguh Sudarisman, Kategori Blogger
Dari pemenang di atas saya sangat bangga dengan adanya dua blogger yang terpilih menjadi nominasi diantaranya Teguh Sudarisman "Menjelajah 12 Destinasi Instagramable di Kaki Langit"  sebagai Juara Harapan I dan Donna Imelda (Majalah Asrinesia) "Eksotisme Labuan Bajo" sebagai Juara Harapan II.   Ini menjadi bukti bahwa masyarakat dapat turut serta untuk mempromosikan wisata Indonesia melalui kreatifitas dalam menulis yang dapat dibaca sebagai pengalaman pribadi yang dapat menjadi referensi para pengunjung wisatawan Nusantara dan Mancanegara. 

Hastag #PesonaMalamAPWI menjadi tranding topik nomer satu di media sosial dan tentunya menjadi peran penting masyarakat pada umumnya dan khususnya untuk  GenPI (Generasi Pesona Indonesia) untuk serta memberikan informasi yang terbaik. 

Rencananya untuk  melanjutkan, Tahun 2019 tema APWI masih tidak jauh dari generasi Y, yaitu 'Millenials Tourism'. Media menjadi ujung tombak kemajuan pariwisata nasional untuk mengenalkan kepada dunia The Wonderful Indonesia. Tahun depan juga direncanakan untuk ditingkatkan jumlah hadiah menjadi Rp 500 juta. 

Diakhir pengunjung acara dan ramah tamah, kami dari Sahabat TDB (taudariblogger.info) tidak lupa berfoto bersama dengan Kepala Biro Komunikasi Publik  dan Menteri Pariwisata serta mengucapkan salam "Millenial Toursm" agar sukses di tahun depan dan peserta yang berpartisipasi lebih banyak lagi di APWI 2019 untuk wisata digital dan instagramble. (MS)

img-20181207-215015-5c0bace4ab12ae16eb3bda52.jpg
img-20181207-215015-5c0bace4ab12ae16eb3bda52.jpg
img-20181207-215044-5c0bacd46ddcae7d0b2731b4.jpg
img-20181207-215044-5c0bacd46ddcae7d0b2731b4.jpg

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun