Mohon tunggu...
Sholahuddin Nur'azmy
Sholahuddin Nur'azmy Mohon Tunggu... lainnya -

MSNA adalah inisial Mohammad Sholahuddin Nur'azmy. Tinggal di Yogyakarta. Laki-laki biasa yang sayang sama istri.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Lionel Messi di Mata Mia Hamm

24 April 2012   17:25 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:09 825
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

[caption id="" align="alignleft" width="583" caption="Image: x3emsports.com"][/caption] Almarhumah Ibu saya (semoga beliau tenang di sisiNya) pernah berpesan, "Wong sing pinter ki uwong sing iso nggarap barang angel dadi gampang. Dudu suwalike." Terjemahannya, "Orang yang benar-benar ahli adalah yang mengerjakan sesuatu yang sulit jadi (tampak) mudah. Bukan sebaliknya".

Dulu saya sempat abai pesan itu. Apalagi ketika di pergaulan saya sempat ketemu orang-orang yang sepertinya malah bangga kalau lawan bicaranya kesulitan menangkap apa yang dia ucapkan. Ditambah memakai istilah-istilah asing agar orang makin bingung dan itu malah bikin dia makin bangga. Aneh kan? Adakah juga orang seperti itu di sekitar Anda? Semoga tidak deh.

Sayangnya saya tidak banyak menemukan orang yang masuk kriteria pinternya Ibu saya.  Dan saya pun bukan termasuk salah satunya. Kalau pun ada orang yang bisa mengerjakan hal yang sulit, orang itu akan tampak rumit sekali saat mengerjakan. Atau kalau ada orang yang tampak mudah mengerjakan sesuatu, itu juga karena dia memang mengerjakan hal yang mudah :p.

Tapi akhirnya saya menemukan orang yang dimaksud Ibu saya sebagai orang pintar. Dia adalah Lionel Messi. Peraih gelar pemain terbaik dunia 3 kali berturut-turut. Di kakinya, bola seliar apapun bisa dia jinakkan dengan sangat mudah. Sudut sesempit apapun di pertahanan lawan bisa dia manfaatkan jadi gol.

Ah, tapi itu kan pendapat saya. Orang biasa yang memang mengagumi Messi. Bagaimana dengan pendapat orang yang sesama pemain bola terbaik dunia? Jangan-jangan keahlian Messi yang saya kira hebat sebenarnya biasa saja di mata pemain lain.

Pengalaman Mia Hamm

Ternyata saya salah. Mia Hamm, mantan striker Timnas Amerika Serikat yang disebut-sebut sebagai pemain sepakbola perempuan terbaik sepanjang sejarah, juga mengagumi betapa Messi adalah seorang master sepakbola.

"Saat ia mencetak gol dari jarak 12 yard (kira-kira 11 meter), saya tidak habis pikir betapa sulit melakukan hal itu," tulisnya di sebuah majalah berita di Amerika. "Kalau berada di posisinya, mungkin kaki saya akan terjebak di rumput dan bolanya entah lari ke mana."

Messi, menurut Mia, adalah sosok yang luar biasa berbakat dan sangat rendah hati. "Dia akan membuat Anda menahan nafas setiap kali dia menyentuh bola," katanya.

Toh, Mia yang terbang ke Barcelona untuk menonton Messi latihan mendapati bintang berusia 24 tahun itu adalah sosok pemalu dan rendah hati. Saat latihanpun, "Dia adalah anggota tim sama seperti yang lain. Dan ia menghormati kawan-kawannya," kata Mia.

Mia Hamm sepertinya benar-benar terkesan dengan penampilan Messi saat bertanding maupun berlatih. Betapa sepak bola adalah benar-benar sesuatu yang bergairah baginya. "Dia bermain sepak bola karena dia menyukainya, dan itu terlihat setiap ia di lapangan."

Baca juga: Messi Blak-blakan tentang Karir, Christiano Ronaldo, dan Negaranya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun